Pengaruh Tingkat Margin Terhadap Keputusan Pembiayaan Pada Produk Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi
Abstract
This study aims to understand the influence of the margin level on the decision of customers to choose Grya products with religiousity as a variable of moderation. The study was conducted at PT. Bank of Indonesia KC Bukittinggi Sudirman 2. The research population is the entire customer who took Grya financing on PT. Bank of Indonesia KC Bukittinggi Sudirman 2. Sampling used the Slovin technique with a total of 100 respondents. Data analysis with moderated regression analysis (MRA). The results showed that the interaction between the margin level variable (X) and the initial customer outcome (Y) coefficient of the Margin Level had a positive value of 0.660 and the significance value was 0.429 > 0.05 and the religiousness (Z) moderated the customer outcomes (Y), with the negative cofficient value of -0.007 signifying value of 0,843 was 0.843 > 0.05. This indicates that religiousity is unable to moderate the influence of the margin level on the customer’s decision to choose a grya financing product. The results of the study showed that religiousness was able to weaken the influence between the margin level and customer decision but was not significant, this was demonstrated by the regression result with a negative coefficient of -1,487 and a decrease in the determination factor result after the MRA test from 54% to 53.5%. Thus, it is concluded that "the hypothesis is rejected" and the existence of a variable of Religiousness (as a moderate variable) will be able to strengthen or increase the influence of the margin level on customer decisions.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat margin terhadap keputusan nasabah memilih produk griya dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan pada PT. Bank Syariah Indonesia KC Bukittinggi Sudirman 2. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah yang mengambil pembiayaan Griya pada PT. Bank Syariah Indonesia KC Bukittinggi Sudirman 2. Pengambilan sampel menggunaka teknik Slovin dengan jumlah 100 responden. Analisis data menggunakan teknik Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil menunjukkan bahwa interaksi antara variable tingkat margin (X) dengan keputusan nasabah (Y) koefisien dari Tingkat Margin bernilai positif sebesar 0,660 dan nilai signifikansinya adalah 0.429 > 0.05 dan religiusitas (Z) memoderasi keputusan nasabah (Y) dengan nilai koefisien negative sebesar -0.007 nilai signifikansi 0,843 adalah 0,843 > 0.05. Hal ini menujukkan religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh antara tingkat margin terhadap keputusan nasabah memilih produk pembiayaan griya. Hasil penelitian menunjukkan religiusitas mampu memperlemah pengaruh antara tingkat margin dan keputusan nasabah namun tidak signifikan, hal ini ditunjukkan dengan hasil regresi dengan koefisien memiliki nilai negatif yaitu -1,487 dan penurunan hasil koefisien determinansi setelah pengujian MRA dari 54% ke 53.5%. Dengan demikian maka disimpulkan “hipotesis ditolak” dan keberadaan variable Religiusitas (sebagai variable moderasi) akan dapat memperkuat atau meningkatkan pengaruh tingkat margin terhadap keputusan nasabah
References
Afrian Rachmawati, Gusti Oka Widana, ‘Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah.Pdf’, Jurnal Liquidity, 8.2019 (2017), 111–23
Agustin, Erlina, ‘PengaruhKualitas Pelayanan, Religiusitas Dan Margin Keuntungan Terhadap Keputusan Anggota Memilih Pembiayaan Murabahah Di KSPP Syariah Soyo Mulyo Watulimo Trenggalek’, 53.9 (2019), 1689–99
Aini, Aisyah Nur, ‘Pengaruh Tingat Margin Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah Di BMT UGT Sidogiri Cabang Waru Siduarjo’, Uin Sunan Ampel Surabaya, 05.01 (2015), 322–41
Amalia, Rizqi, and Khusnul Hidayah, ‘Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Margin Keuntungan, Sertifikat Wadiah Bank Indonesia, Return on Asset, Dan Non Performing Financing Terhadap Pembiayaan Murabahah Pada Bank Syariah Mandiri Dan Bank Muamalat Indonesia Periode 2009-2013’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2013), 1689–99
Andriani, Nurul Dewi, ‘Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Religiusitas Dan Margin Keuntungan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Mojokerto’, 53.9 (2019), 1689–99
Anggita Rastari, S.M, ‘Pengaruh Religiusitas, Bagi Hasil Dan Kemudahan Akses Terhadap Keputusan Masyarakat Mengambil Pembiayaan Di Koperasi Syariah MSI’, Simba, 3, 2019, 867–78
Aprillinasari, Betti, ‘Pengaruh Religiusitas, Kebudayaan, Keluarga Terhadap Pengambilan Keputusan Pembiayaan Murabahah Di Kspps Bmt Nurul Barokah Sambi Boyolali’, Interciencia, 489.20 (2018), 313–35
Armstrong, Philip Kotler dan Gary, ‘Prinsip-Prinsip Pemasaran’, in Erlangga (Jakarta, 2008)
Asmaun S, ‘Religusitas Perguruan Tinggi: Potret Tradisi Keagamaan Di Perguruan Tinggi Islam’, in UIN Malang Press (Malang, 2011)
Augusty, Ferdinand, ‘Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen’, in Universitas Diponegoro (Semarang, 2006)
B, Bungin, ‘Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya’, in Kencana (Jakarta, 2005)
B, Simamora, ‘Panduan Riset Perilaku Konsumen’, in PT. Gramedia Pustaka Utama (Jakarta, 2004)
Dewi, Riska dan Irlia, ‘Pengaruh Religiusitas, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Bank Syari’ah Mandiri Cabang Semarang Periode 2016’, Universitas Wahid Hasyim, 2019
Diana, Aida, ‘Analisis Pengaruh Kebijakan Financing To Value ( Ftv ) Dan Tingkat Margin Terhadap Pembiayaan Properti Bank Syariah Di Indonesia Analisis Pengaruh Kebijakan Financing To Value ( Ftv ) Dan Tingkat Margin Terhadap’, UIN Raden Intan, 2018
Diana, Wahyu Rifki, ‘Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Persepsi Pada Sharia Compliance Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah Dengan Customer Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Magelang)’, IAIN Salatiga, 2020
Ferdinand, Augusty, ‘Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen’ (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014), p. 108
Furwanti, Reni, ‘Harga Jual Dan Tingkat Margin: Preferensi Nasabah Dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah Bmt As’Adiyah Sengkang’, BANCO: Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah, 2.1 (2020), 95–106
Ghazali, Imam, ‘Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS’, in Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Semarang, 2006), p. 87
Ghozali, Imam, ‘Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss’, in Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Semarang, 2016)
Ghufron, M. N, Risnawati &, ‘Teori-Teori Psikolog’, in ArRuzz Media (Yogyakarta, 2010)
Harahap, Fadlyka Himmah Syahputera, ‘Analisis Pengaruh Religiusitas Dan Pendapatan Usaha Nasabah Serta Margin Bank Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Bank Syariah’, 2016
Hasan, Misbahuddin dan Iqbal, ‘Misbahuddin Dan Iqbal Hasan, Analisis Data…’, p. 38
HM, Muhdar, ‘The Margin of Murabaha Financing System of Islamic Banks and Their Effects on Retirees Customer Decisions’, Al-Ulum, 20.1 (2020), 63–89
Jalaluddin, ‘Psikologi Agama’, in RajaGrafindo Persada (Jakarta, 2005)
Jalaluddin, Psikologi Agama (Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2002)
Karim, Adiwarman, ‘Bank Islam:Analisis Fiqih Dan Keuangan’, in PT.RajaGrafindo Persada (Jakarta, 2013), pp. 279–80
Karim, Adiwarman, ‘Bank Islam:Analisis Fiqih Dan Keuangan’, in PT.Raja Grafindo Persada (Jakarta, 2013), pp. 281–82
Karim, Adiwarman A., ‘Bank Islam: Analisis Fiqih Dan Keuangan’, in Rajawali Pers (Jakarta, 2011)
Khoir, F I, ‘Pengaruh Faktor Emosional Dan Faktor Rasional Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Jatim Kantor Cabang Syariah Kediri.’, 2018
Lesmana, R F Boer & D, ‘Eksplorasi Faktor Beliefs Dan Attitudes: Kajian Terhadap Social Judgement Theory Di Era Media Digital’, Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(01), 2018
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, in PT. Remaja Rosdakarya. (Bandung, 2012)
Mucharam, Fuad Nashori dan Diana, ‘Mengembangkan Kreativitas Dalam Perspektif Psikologi Islam’, 2012, 71
Mucharom, Nashori Fuad & Rachmy Diana, ‘Mengembangkan Kreatifitas Dalam Perspektif Psikologi Islami’, in Menara Kudus (Yogyakarta, 2002), p. 72
Muhamad, ‘Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kuantitatif Dilengkapi Dengan Contoh-Contoh Aplikasi Proposal Penelitian Dan Laporannya’, in Rajawali Pers (Jakarta, 2008)
Muhammad, ‘Sistem Dan Prosedur Operasional Bank Syariah’, in UII Press (Yogyakarta, 2000), p. 20
———, ‘Teknik Perhitungan Bagi Hasil Dan Profit Marjin Pada Bank Syariah’, in UII Press (Yogyakarta, 2004)
Muhlis, ‘Perilaku Menabung Di Perbankan Syariah Jawa Tengah. Disertasi.Semarang:Universitas Diponegoro Semarang’, Universitas Diponegoro Semarang, 2011, 42–43
Muslim, Saiful, ‘Jurnal Al-Iqtishod’, Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 37-50, Vol 1 no 1 (2019), 37–50
Muzakkiy achmad, ‘Pengaruh Religiusitas Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembiyayaan KPR Griya IB Hasanah BNI Syariah KC Bukit Darmo Boluevard Surabaya’, 2019
No: 91/Kep/M.KUKMI/IX/2004, Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia, Petunjuk Kegiatan Usaha Koperasi Jasa Keuangan Syariah, 2004
Nur’Aini, Yuyun Ragilia, ‘Pengaruh Pendaatan Nasabah Dan Tingkat Margin Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah’ (2015)
Patel, Mahesh, ‘Influence of Religion on Shopping Behaviour of Consumers-An Exploratory Study’, 72
Puspitasari, Cici, and Prabowo Yudo Jayanto, ‘The Influence of Selling Price Pricing , Margin Level , Product Quality , Shariah Marketing , Collateral , Product Knowledge and Risk on Member ’ s Interest i n Using Murabahah Financing’, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 5.3 (2016), 229–37
Rachmat Syafei Fiqih Muamalah Bandung Pustaka Setia 2000) h 87
RAHMAWATI, DINA, ‘PENGARUHFAKTOR PROMOSI, LOKASI,RELIGIUSITAS,PELAYANAN, DAN REPUTASI TERHADAPKEPUTUSANANGGOTAMENYIMPAN DANA DI BMT HIRA CABANG TANON’, IAIN Surakarta, 2016
Rahmawati, Tri Puspita, ‘Pengaruh Penetapan Harga Jual Dan Tingkat Margin Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pembiayaah Murabahah Pada BPRS Amanah Insan Cita Medan’, 8.5 (2019), 55
Reptiana, Rena, ‘Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) Dan Margin Keuntungan Terhadap Pembiayaan Murabahah Pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2009-2016.’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2018), 1689–99
Sekaran, Uma, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, 4th edn (Jakarta: Salemba Empat, 2006)
Siregar, Syofan, ‘Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS’, in Kencana Prenada Media Group (Jakarta, 2013), p. 336
Sugiyono, ‘Metode Penelitian Bisnis…’, p. 138
Sugiyono, ‘Metode Penelitian Bisnis’, p. 135
Sugiyono, ‘Metode Penelitian Kombinasi’, in Alfabeta (Bandung, 2015)
Sugiyono, ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D’, in Afabeta (Bandung, 2011), p. 81
Sugiyono, ‘“Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D”’, in Afabeta (Bandung, 2011), p. 87
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2012)
Sugiyono, ‘Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan...’, p. 317
Sujono, Rusny Istiqomah, and Febrian Wahyu Wibowo, ‘Marketing Mix Dan Tingkat Margin Dalam Pengambilan Keputusan Pembiayaan Pada Nasabah Bank Syariah’, El Dinar, 8.1 (2020), 37
Suroso, Djamaludin Ancok dan Fuat Nashori, ‘Psikologi Islami Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi’, in Pustaka Pelajar (Yogyakarta, 1994), pp. 77–78
Sutisna, ‘Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran’, in PT Remaja Rosdakarya (Bandung, 2002), p. 49
Tika, Moh. Pabundu, ‘Metodologi Riset Bisnis’, in PT Bumi Aksara (Jakarta, 2006), p. 61
Tingkat, Pengaruh, Margin Terhadap, and Keputusan Pengambilan, ‘Pengaruh Tingkat Margin Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Gajahtongga Kotopiliang Kota Sawahlunto’, Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas, 21.2 (2019)
Turmudi, Muhamad, ‘Penentuan Margin Ba’I Al-Murabahah Pada Pogram Pembiayaan Perbankan Syari’ah Di Indonesia’, Jurnal Al-„Adl, Dosen Syariah Dan Ekonomi Islam STAIN Sultan Qaimuddin Kendari, 7 No. 1 (2014), 24
Yustati, Herlina, ‘Konsumsi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Regresi Religiusitas Terhadap Konsumerisme Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatulla Jakarta)’, Indo -Islamika, 2