Analisis Experiential Marketing Wisata Syariah Dalam Menuju Sustainable Development Tourism Pada Beberapa Objek Wisata Di Kab. Pesisir Selatan
Abstract
Tourism is a service industry sector with great potential to be developed in Indonesia. The number of visits by foreign tourists and domestic tourists continues to show an increase from year to year, before the Covid-19 pandemic. The great interest of the world community and the archipelago to travel in Indonesia needs attention and support from the government and the Indonesian people themselves because the tourism sector is one of the mainstay sectors for the government to increase state revenue. Sustainable Tourism is considered as a basic concept which is a big umbrella for all forms of tourism activity. Sustainable tourism is an integrated effort to improve the quality of life through regulation, provision, development, utilization and maintenance of natural resources, including economically and ecologically viable culture. This study aims to describe the Experiential Marketing of sharia tourism in the development of sustainable tourism in Pesisir Selatan District. The research method used is descriptive qualitative.
ABSTRAK
Pariwisata merupakan sektor industri jasa yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mau pun wisatawan nusantara terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Besarnya animo masyarakat dunia dan nusantara untuk melakukan perjalanan wisata di Indonesia perlu mendapatkan perhatian dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat Indonesia sendiri karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan bagi pemerintah untuk menambah pendapatan negara. Pariwisata Berkelanjutan dianggap sebagai konsep dasar yang menjadi payung besar segala bentuk aktivitas kepariwisataan. Pariwisata berkelanjutan merupakan upaya terintegrasi guna meningkatkan kualitas hidup melalui regulasi, penyediaan, pengembangan, pemanfaatan, serta pemeliharaan sumber daya alam, termasuk di dalamnya budaya yang layak secara ekonomi dan ekologis. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan Experiential Marketing wisata syariah dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan (Sustainable development tourism) di Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.
References
Alim, Haidar Tsany, et. all. 2021. Analisis Potensi Pariwisata Syariah dengan Mengoptimalkan Industri Kreatif di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dalam http://eprints.undip.ac.id/45828/1/Artikelpdf. diakses 27 Juli 2021
Andriani, D.,dkk, 2015, Pengembangan Wisata Syariah, Kemenpar, Jakarta.
Ansofino. 2012. Potensi Daya Tarik Obyek Pariwisata dalam Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat. Economica, Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 1 No. 1, Oktober
Bawazir, Thohir. 2013. Panduan Praktis Wisata Syariah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Gunardi, Gugun. 2010. Identifikasi Potensi Kawasan Wisata Kali Pasir, Kota Tangerang. Jurnal PLANESA TM. Vo. 1, No. 1, Mei 2010
Hadiwijoyo, Suryo Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu
Haluan.wordpress.com/2007
Herfita, Devi , Tri Widyastuti, Irvandi Gustari. 2017. Analisis Strategi Bisnis Pada PT Gancia Citra. Jurnal EKSEKUTIF, Vol. 14, No. 2, Desember 2017
https://bali.tribunnews.com/2018/11/10/kemenpar-targetkan-20-juta-wisman-pada-2019-putri-diharapkan-mampu-hadirkan-destinasi-unik (Diakses tanggal 1 Agustus 2019)
https://bisnis.tempo.co/read/1429918/bps-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2020-207-persen?page_num=2 (Diakses tanggal 28 Juli 2021)
https://bisniswisata.co.id/2018-kunjungan-wisman-ke-sumbar-merosot/ (Diakses tanggal 2 Agustus 2019)
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3209609/sumatera-barat-dikunjungi-78-juta-wisatawan-domestik-tahun-ini (Diakses tanggal 2 Agustus 2019)
https://news.okezone.com/read/2018/ 12/21/1/1994416/pariwisata-indonesia-jadi-sumber-devisa-kemenpar-mantap-tatap-2019
https://sumatra.bisnis.com/read/20190204/534/885208/jumlah-wisman-ke-sumbar-2018-turun-441 (Diakses 2 Agustus 2021)
https://sumbartravel.com/wp-content/ uploads/dataupload/statistik%20pariwisata%20sumbar-2020.pdf
Kustini. 2012. “Penerapan Experiential Marketing”. Dalam Jurnal Riset dan Ekonomi Bisnis, Volume 7 No. 2 Hal 44-57. UPN Veteran JawaTimur.
Kemenpar. Kemenparekraf Promosikan Indonesia Sebagai Destinasi Pariwisata Syariah Dunia. http://www.kemenpar.go.id (diakses 27 Juli 2021)
Kemenpar. Kemenparekraf Promosikan Indonesia Sebagai Destinasi Pariwisata Syariah Dunia. http://www.kemenpar.go.id (diakses 27 Juli 2021)
Noviantoro, Kurnia Maulidi dan Achmad Zurohman. 2020. Prospek Pariwisata Syariah (Halal Tourism): Sebuah Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0, EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah. Volume 8, Nomor 2, 275-296, P-ISSN: 2355-0228, E-ISSN: 2502-8316, http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/equilibrium
Rini, Endang S. 2009. “Menciptakan Pengalaman Konsumen Dengan Experiential Marketing”. Dalam Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 2 No 1 Hal 15-20. Sumatera Utara: Universitas SumeteraUtara.
Rendayani, Mentari, dan Unggul Priyadi. (tanpa tahun). Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Wisata Syariah Puncak Mas Sukadanaham Bandar Lampung, Prosiding National Conference on Applied Business ISBN: (tanpa nomor)
Silitonga, Samuel Saut Marihot, dan Putu Anom. 2016. Kota Tua Barus sebagai Daerah Tujuan Wisata Sejarah di Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Destinasi Pariwisata. ISSN: 2338-8811. Vol. 4 No 2.
Soedarso, Muchammad Nurif, dan Windiani. 2014. Potensi dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam dengan Pendekatan Marketing Places (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bojonegoro). jsh Jurnal Sosial Humaniora. Vol 7, No.2, November 2014
Sucipto, Hery dan Fitria Andayani. 2014. Wisata Syariah: Karakter, Potensi, Prospek dan Tantangannya. Jakarta: Grafindo Books Media dan Wisata Syariah Consulting.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Suryadana, M. Liga dan Vanny Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Williams, Alistair. 2006. “Tourism and Hospitality Marketing: Fantasy, Feeling And Fun”. Dalam International Journal of Contemporary Hospital, Volume 18 No. 6 Hal 482-495. Rennes: Emerald Group Publishing Limited.