Pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Minat Memilih Profesi Sebagai Akuntan Publik

Abstract
This study aims to determine and analyze: (1) the effect of financial rewards on the interest in choosing a profession as a public accountant, (2) the effect of professional training on the interest in choosing a profession as a public accountant, (3) the influence of social values on the interest in choosing a profession as an accountant. the public, (4) the influence of the work environment on the interest in choosing a profession as a public accountant, and (5) the effect of labor market considerations on the interest in choosing a profession as a public accountant.
The type of research used in this research is quantitative research. This study uses a population of undergraduate students in Accounting, Faculty of Business and Economics, Dharma Andalas University. This study used a sample of S1 students from the 2018 2019 class of Accounting Department, Faculty of Business and Economics, Dharma Andalas University, which amounted to about 130 students. Prerequisite analysis test includes normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. The data analysis technique used multiple linear regression analysis techniques. The results of this study financial awards have a negative and insignificant effect on the interest in choosing a profession as a public accountant. Professional training has a negative and insignificant effect on interest in choosing a profession as a public accountant. Social values have a positive and significant effect on interest in choosing a profession as a public accountant. The work environment has a positive and significant effect on the interest in choosing a profession as a public accountant.. Labor market considerations have a positive and significant effect on interest in choosing a profession as a public accountant, and there is an effect of financial rewards, professional training, social values, work environment, labor market considerations together have a significant effect on the interest in choosing a profession as a public accountant in undergraduate students of Accounting Faculty of Economics and Business, Dharma Andalas University
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) pengaruh penghargaan finansial terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan publik, (2) pengaruh Pelatihan profesional terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan publik, (3) pengaruh Nilai-nilai sosial terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan publik, (4) pengaruh Lingkungan kerja terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan publik, dan (5) pengaruh Pertimbangan pasar kerja terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan publik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian secara kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Dharma Andalas, Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa S1 Angkatan 2018,2019 Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Dharma Andalas yang berjumlah sekitar 130 mahasiswa. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastistas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian ini Penghargaan finansial berpengaruh negarif dan tidak signifikansi terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan publik.. Pelatihan professional berpengaruh negarif dan tidak signifikansi terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan publik. nilai-nilai sosial berpengaruh positif dan signifikansi terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan publik. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikansi terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan publik. Pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif dan signifikansi terhadap minat memilih profesi sebagai akuntan public, dan terdapat pengaruh penghargaan finansial, Pelatihan professional, Nilai-nilai sosial, Lingkungan kerja, Pertimbangan pasar kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat memilih profesi sebagai akuntan publik pada mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma.
References
Anggraini, T. (2020). Dterminasi Minat Mahasiswa Akuntansi Menjadi Akuntan Publik (Mahasiswa Akuntansi S1 pada Universitas Swasta di Jakarta Selatan Tahun 2020). Ekonomika dan Manajemen, 1-15.De
Ariyani, M., & Jaeni, J. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 234-246.
Asmoro, T. K. W., Wijayanti, A., & Suhendro, S. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Manajerial (Managerial Accounting Journal), 1(1).
Prakoso, R. D., Astuti, E. S., & Ruhana, I. (2014). Pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2).
Herawati, L. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Sebagai Akuntan Publik (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Di Medan). Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
https://www.tagar.id/jumlah-akuntan-indonesia-masih-minim-di-tingkat-asean, (diakses pada tanggal 10 April 2022)
https://feb.unidha.ac.id/tentang/
International Accounting Education Standards Board. (2015). Framework for International Education Standards for Professional Accountans and Aspiring Professional Accountants. New York: International Federation of Accountants.
KAP Gelar Webinar Perdana, https://kpap.go.id/2020/12/berita-kpap/kpap-gelar webinarperdana/,(diakes pada tanggal 10Maret 2021).
Mariantha, I. N. (2019). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Profesi Akuntan Publik Ditinjau Dari Perspektif Pendapatan dan Nilai-Nilai Sosial (Studi Empiris Universitas Bosowa, Universitas Muslim Indonesia. Economics Bosowa Journal, 5(3), 18–26.
Meivika Luthfitasari, Lilis Setyowati (2021) Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai determin yang mempengaruhi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik
Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.
Sekaran, Umi. 2006. Research Methods For Business Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Widyastuti, Sri Wahyuni., Sri Suryaningsum, dan Kiky Juliana. 2004. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal dan Prosiding SNA - Simposium Nasional Akuntansi 7: 320-339
Wiyono, Gendro. 2011. Merancang penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS 17.0 dan SmartPLS 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Yulianti, Y., & Deliana, Y. (2018). Gaya hidup kaitannya dengan keputusan konsumen dalam membeli minuman kop. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 17(1), 39-50.