Perilaku Konsumen Berbelanja Online di Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Padang : Kajian Pada Perceived Risk Terhadap Purchase Intention dan Perceived Value Sebagai Variabel Mediasi

Main Article Content

Yofina Mulyati
Wibby Awella Martavega

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen berbelanja online di masa pandemi covid-19 di Kota Padang : kajian pada perceived risk terhadap purchase intention dan perceived value sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja online di masa pandemi covid-19 di Kota Padang yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel sebanyak 246 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil yang dirangkum sebagai berikut (1) Perceived risk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perceived value konsumen dalam berbelanja online di masa pandemi covid-19 di Kota Padang, (2) Perceived risk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap purchase intention konsumen dalam berbelanja online di masa pandemi covid-19 di Kota Padang, (3) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention konsumen dalam berbelanja online di masa pandemi covid-19 di Kota Padang, (4) Perceived risk berpengaruh negatif signifikan terhadap purchase intention konsumen dalam berbelanja online di masa pandemi covid-19 di Kota padang yang dimediasi oleh perceived value.

Article Details

Section
Articles

References

Amal, K., & Hafasnuddin. (2017). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Niat Pembelian Online Dengan Persepsi Nilai Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Pada Konsumen Blibli . Com Di Kota Banda Aceh ). Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 252–266.
Ansyah, F., & Abror. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko dan Kepercayaan pada Vendor terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Sikap Konsumen Toko Online Lazada di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(01), 46–58.
Catriana, E. (2020). Aktivitas Belanja Online Meningkat Drastis, Ini Sebabnya. Https://Money.Kompas.Com/Read/2020/10/27/135847026/Aktivitas-Belanja-Online-Meningkat-Drastis-Ini-Sebabnya?Page=all.
Darmo, I. S. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Purchase Intention Dengan E-Wom Dan Perceived Value Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 1(2), 15–26. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i2.117
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square PLS Dilengkapi Software Smartpls 3.00 Xistat 2014 dan WarpPLS 4.0. (Edisi 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Henry, K., Adiwijaya, M., & Subagio, H. (2017). Pengaruh Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Dengan Mediasi Perceived Value dan Customer Attitude Pada Pelanggan Online Shopping Melalui Media Sosial Facebook di Surabaya. Petra Business and Management Review, 3(2), 62–83.
Kawet, O., Pangemanan, S. S., & Tumiwa, J. (2017). Analyzing The Effect Of Perceived Value And Trust On Purchase Intention (Case Study of Zalora). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 773–783.
Martinayanti, N. M. P., & Setiawan, P. Y. (2016). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Persepsi Risiko Pada Niat Beli Produk Fashion Via Instagram Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2026–2053.
Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173–194. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Putri, C. I. D., & Sudiksa, I. B. (2018). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Online Pada Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(7), 3532–3563.
Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantatitif (Menggunakan Prosedur SPSS) Tuntutan Praktis Dalam Menyusun Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Snoj, B., Korda, A. P., & Mumel, D. (2004). The relationships among perceived quality, perceived risk and perceived product value. Journal of Product & Brand Management, 13(3), 156–167. https://doi.org/10.1108/10610420410538050
Sophia, I. (2014). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian Sebelumnya terhadap Minat Beli Pelanggan secara Online pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh.
Sulaiman, M. R., & Fikri, L. K. (2020). Hati-hati, Tingkat Penipuan Belanja Online Meningkat Selama Pandemi. Https://Www.Suara.Com/Lifestyle/2020/10/28/233500/Hati-Hati-Tingkat-Penipuan-Belanja-Online-Meningkat-Selama-Pandemi?Page=all.