Strategi Pengembangan Bisnis PT. Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk Jakarta

Abstract
- Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk experienced a decrease in volume of production and sales value. It happens because of a lack of raw material, the case of rejection by the importing country and the global economic crisis. The purpose of this study were to evaluate the internal and external conditions of PT. Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk, to formulate alternative of business development strategy and to determine its priorities. The data was collected from April-June 2012 and involved seven respondents. Descriptive analysis, analysis of IFE and EFE, Internal-External analysis, SWOT analysis and the analysis QSPM were used to analyze the data. There were three strategies that can be applied by PT. Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk. The priority of strategic alternative were consecutively implementing supply chain management; find a new country to develop a market; and increse an operation cooperation procedure to maintain a quality of raw material.
Keywords : Business Development Strategy, IFE, EFE, IE, SWOT and QSPM
ABSTRAK
PT. Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk mengalami penurunan volume produksi dan nilai penjualan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya bahan baku, kasus penolakan oleh negara pengimpor dan krisis ekonomi global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kondisi internal dan eksternal dari PT. Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk, merumuskan alternatif strategi untuk kelangsungan bisnis dan menentukan prioritas strategi yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis PT. Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk. Pengambilan data dilakukan dari bulan April-Juni 2012 dan melibatkan tujuh responden. Analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif, analisis IFE dan EFE, analisis matriks IE, analisis matriks SWOT dan analisis QSPM. Dihasilkan tiga rumusan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh PT. Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk. Jika dilihat sesuai dengan urutan prioritas yang pertama adalah menerapkan supply chain manajemen, kedua adalah pengembangan pasar ekspor ke negara penjualan baru dan yang ketiga adalah meningkatkan pola kerjasama operasi (KSO) yang sebelumnya sudah dilakukan guna menjaga kualitas bahan baku.
References
Ababouch L. 2006. Detention and Rejections of Fish and Seafood at Borders of Major Importing Countries.Food and Agriculture Organization. Italy.
David FR. 2006. Manajemen Strategis: Konsep-Konsep. Ichsan Setiyo, penerjemah. Jakarta: Salemba Empat.
David FR 2009. Manajemen Strategis Konsep. Terjemahan Dono Sunardi. Edisi 12. Jakarta : Salemba Empat.
David ME, David FR, David FR. 2009. The Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Applied To A Retail Computer Store. The Coastal Business Journal 8(1): 42-45.
Europa. FAQ: Rapid Alert System for Food and Feed: Role and Achievements. Website. http://europa.eu//rapid/pressReleasesAction/default.html.(15 Januari 2012).
FDA Food and Drug Administration. Import Refusal. Website. http://www.fda.accessdata.fda.gov/scrips/importrefusals. (15 Januari 2012).
Kasim, SN, Sirajuddin, SN, dan Irmayani. 2011. Strategi Pengembangan Usaha Sapi Perah Di Kabupaten Enrekang. Jurnal Agribisnis 10(3): 81-97.
KKP Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2012. Statistik Kelautan dan Perikanan 2012 (laporan). Jakarta.
KKP Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2011. Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan. Jakarta.
Nazir M. 1999. Metode Penenlitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Porter M. 2005. Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Terjemahan Agus Maulana, MSM. Jakarta : Erlangga.
Prihanto TJ. 2010. Strategi Pengembangan Bisnis Mikro PT Bank Bukopin, tbk [tesis]. Bogor: Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.
Remiasa M. 2005. Perencanaan Strategis Pemasaran Untuk Menciptakan Sustainable Competitive Advantage (Kasus Pada Program Studi Manajemen Perhotelan UK Petra Di Surabaya). Jurnal Manajemen Perhotelan 1(1): 14-23.
Umar H. 2002. Strategic Management In Action (Konsep, Teori dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdsarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David dan Wheelen-Hunger). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Wheelen TL dan Hunger JD. 2005. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Edisi kelima. Jogjakarta : Penerbit Andi.