Pengaruh Kepribadian Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek pada Pelanggan Mcdonald’s di Surabaya

Main Article Content

Rizky Dyah Tri Herdianti
Nurhadi Nurhadi

Abstract

The presence of the franchise business is increasingly popular, so the competition is getting tougher. In order to be able to survive in the competition, it is important for companies to develop strong brands. McDonald's is one of the pioneering fast food franchise businesses that support the practical lifestyle of today's society. This study aims to determine the effect of brand personality and brand trust on brand loyalty at McDonald's restaurants in Surabaya. This study uses a quantitative approach. The data collection method used is cakeisioner. The research sample was drawn using purposive sampling method as many as 385 people who were taken from McDonald's customer population in Surabaya. Data were analyzed using multiple linear regression techniques. The results of this study indicate that simultaneously the variables of brand personality and brand trust have a significant effect on brand loyalty at McDonald's restaurants. Further analysis shows that partially brand personality and brand trust have a positive and significant effect on brand loyalty at McDonald's restaurants.


ABSTRAK


Kehadiran bisnis waralaba semakin populer sehingga semakin ketat persaingannya. Agar mampu tetap survive dalam persaingan penting bagi perusahaan  untuk mengembangkan merek yang kuat. McDonald’s ialah salah satu pelopor bisnis waralaba makanan cepat saji yang mendukung gaya hidup praktis masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek pada restoran  McDonald’s di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah adalah kueisioner. Sampel penelitian ditarik menggunakan metode purposive sampling sebanyak sebanyak 385 orang yang diambil dari populasi pelanggan McDonald’s di Surabaya. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepribadian merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek pada restoran McDonald’s. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa secara parsial kepribadian merek dan kepercayaan merek mempunyai pengaruh  yang positif serta signifikan terhadap loyalitas merek pada restoran McDonald’s.

Article Details

Section
Articles

References

Aaker, D. A. (1996). Building strong brands by David A. Aaker. In The Free Press. Papers2://publication/uuid/3208CD7F-6AF5-462C-8340-D805FE99D36C
Dewi, Y. L., Saleh, S., & Sampurno. (2015). Pengaruh kepribadian merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek kiranti. Journal of Management and Pharmacy Practice, 5(1). Https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jmpf.22
Fajariah, N., Thoyib, A., & Rahman, F. (2016). Pengaruh brand awareness, perceived quality, dan brand image terhadap brand loyalty pada generasi y di indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(3), 471–480. Https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.3.08
Ferrinadewi, E. (2008). Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu. Graha Ilmu.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management (Building, Measuring, and Managing Brand Equity). In Pearson Education Limited (Vol. 0, Issue 0). Https://doi.org/10.2307/1252315
Kurniawan, I. S., Ningrum, N. K., Kusumawardani, R., & Kusuma, N. T. (2019). Penguatan loyalitas merek: peran dari kepribadian merek. Derivatif: Jurnal Manajemen, 13(2).
Kustini, N. I. (2011). Experiential marketing, emotional branding, and brand trust and their effect on loyalty on honda motorcycle product. Journal of Economics, Business, and Accountancy | Ventura, 14(1), 19–28. Https://doi.org/10.14414/jebav.v14i1.12
Mahuda, F. D. (2018). Pengaruh brand personality dan brand trust terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Butik Meccanism). Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 98. Https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.454
Mcdonald’s.co.id. (2020). Sejarah mcdonald’s Indonesia. Https://mcdonalds.co.id/about
Mustari. (2019). Manajemen Pemasaran (Teori dan Kasus Perusahaan Jasa). Pustaka Taman Ilmu.
Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty teh botol sosro survei konsumen teh botol sosro di food court itc cempaka mas, jakarta timur. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–17.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. ANDI.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumarwan, U., Puspitawati, H., Hariadi, A., Ali, M. M., Gazali, M., Hartono, S., & Farina, T. (2019). Riset Pemasaran dan Konsumen Seri: 3. PT Penerbit IPB Press. Https://books.google.co.id/books?Id=IDP4DwAAQBAJ
Top Brand Award. (2020). Top Brand Restoran Fastfood. Https://www.topbrand-award.com/en/2020/06/restoran-fastfood-fase-2-2020/
Vernadila, R. Y., & Realize, R. (2020). Pengaruh kepercayaan merek, citra merek dan persepsi kualitas terhadap loyalitas merek sensodyne. Jurnal Aaker, D. A. (1996). Building strong brands by David A. Aaker. In The Free Press. Papers2://publication/uuid/3208CD7F-6AF5-462C-8340-D805FE99D36C
Dewi, Y. L., Saleh, S., & Sampurno. (2015). Pengaruh kepribadian merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek kiranti. Journal of Management and Pharmacy Practice, 5(1). Https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jmpf.22
Fajariah, N., Thoyib, A., & Rahman, F. (2016). Pengaruh brand awareness, perceived quality, dan brand image terhadap brand loyalty pada generasi y di indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(3), 471–480. Https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.3.08
Ferrinadewi, E. (2008). Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu. Graha Ilmu.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management (Building, Measuring, and Managing Brand Equity). In Pearson Education Limited (Vol. 0, Issue 0). Https://doi.org/10.2307/1252315
Kurniawan, I. S., Ningrum, N. K., Kusumawardani, R., & Kusuma, N. T. (2019). Penguatan loyalitas merek: peran dari kepribadian merek. Derivatif: Jurnal Manajemen, 13(2).
Kustini, N. I. (2011). Experiential marketing, emotional branding, and brand trust and their effect on loyalty on honda motorcycle product. Journal of Economics, Business, and Accountancy | Ventura, 14(1), 19–28. Https://doi.org/10.14414/jebav.v14i1.12
Mahuda, F. D. (2018). Pengaruh brand personality dan brand trust terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Butik Meccanism). Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 98. Https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.454
Mcdonald’s.co.id. (2020). Sejarah mcdonald’s Indonesia. Https://mcdonalds.co.id/about
Mustari. (2019). Manajemen Pemasaran (Teori dan Kasus Perusahaan Jasa). Pustaka Taman Ilmu.
Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty teh botol sosro survei konsumen teh botol sosro di food court itc cempaka mas, jakarta timur. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–17.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. ANDI.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumarwan, U., Puspitawati, H., Hariadi, A., Ali, M. M., Gazali, M., Hartono, S., & Farina, T. (2019). Riset Pemasaran dan Konsumen Seri: 3. PT Penerbit IPB Press. Https://books.google.co.id/books?Id=IDP4DwAAQBAJ
Top Brand Award. (2020). Top Brand Restoran Fastfood. Https://www.topbrand-award.com/en/2020/06/restoran-fastfood-fase-2-2020/
Vernadila, R. Y., & Realize, R. (2020). Pengaruh kepercayaan merek, citra merek dan persepsi kualitas terhadap loyalitas merek sensodyne. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(3).