Wisata Syariah dan Strategi Pengembangannya di Era Digital Pada Beberapa Tempat Wisata di Sumatera Barat
Abstract
Tourism is one of the government's main sectors to increase revenue. In 2016, West Sumatra was designated as a Global Halal Tourism Destination in Abu Dhabi, which is expected to provide an impetus for West Sumatra's government to introduce Sharia tourism in their area. The concept of Sharia tourism is to apply Islamic values to all aspects of tourism activities. This is very suitable to be implemented in West Sumatra Province where the majority of the population is Muslim. This research aims to identify the appropriate development strategies that can be applied by adopting the concept of Shariah tourism and using digital marketing for several tourist attractions in West Sumatra. By using a SWOT analysis, the opportunities and challenges faced by the Sharia tourism sector can be identified. As a result, a strategy can be practically applied by the Sharia tourism business in facing the digital era. This research is expected to raise awareness about the importance of digitalization skills in product marketing. The research method is descriptive qualitative. Through the SWOT analysis, it is possible to identify the various SWOTs and to formulate the digital marketing based strategy for the development of Islamic tourism in West Sumatra
Abstrak
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan bagi pemerintah untuk menambah pendapatan. Ditetapkannya Sumatera Barat sebagai daerah tujuan pariwisata halal dunia dalamWorld Halal Tourism di Abu Dhabi tahun 2016, selayaknya dijadikan momentum oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menerapkan pariwisata berbasis syariah di wilayahnya. Konsep wisata syariah adalah menerapkan nilai-nilai ke Islaman ke dalam seluruh aspek kegiatan wisata. Hal ini sangat sesuai untuk diterapkan di Provinsi Sumatera Barat yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Penelitian in bertujuan untuk melihat strategi pengembangan apa yang cocok diterapkan yang mengusung konsep wisata syariah dengan memanfaatkan Digital Marketing pada beberapa objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Melalui SWOT dapat diketahui peluang dan tantangan yang dihadapi oleh dunia wisata syariah sehingga diperoleh suatu strategi yang bisa diterapkan oleh bisnis wisata syariah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kemampuan digitalisasi dalam pemasaran produk. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan analisa SWOT, dapat diketahui berbagai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki dan dihadapi oleh wisata syariah di Sumatera Barat, sehingga akan diperoleh suatu strategi pengembangan wisata syariah berbasis Digital Marketing yang bisa diterapkan di Sumatera Barat.
References
Alim, Haidar Tsany, et. all. 2021. Analisis Potensi Pariwisata Syariah dengan Mengoptimalkan Industri Kreatif di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dalam http://eprints.undip.ac.id/45828/1/Artikelpdf. diakses 27 Juli 2021
Andriani, D.,dkk, 2015, Pengembangan Wisata Syariah, Kemenpar, Jakarta.
Ansofino. 2012. Potensi Daya Tarik Obyek Pariwisata dalam Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat. Economica, Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 1 No. 1, Oktober
Arikunto Suharsini. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.
Badan Pusat Statitik (BPS) Sumatera Barat. Hasil Pendaftaran (Listing) Usaha /Perusahaan SensusEkonomi 2016, No. 29/05/Th. XX, 24 Mei 2017
Bawazir, Thohir. 2013. Panduan Praktis Wisata Syariah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Bismala, Lila dan Handayani, Susi. 2014. Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT. ProsidingSeminarNasionalPB3IITM2014
Griffin. 2004. Manajemen. Alih Bahasa: Gina Gania. Jakarta: Erlangga.
Gunardi, Gugun. 2010. Identifikasi Potensi Kawasan Wisata Kali Pasir, Kota Tangerang. Jurnal PLANESA TM. Vo. 1, No. 1, Mei 2010
Hadiwijoyo, Suryo Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu
Haluan.wordpress.com/2007
Herfita, Devi , Tri Widyastuti, Irvandi Gustari. 2017. Analisis Strategi Bisnis Pada PT Gancia Citra. Jurnal EKSEKUTIF, Vol. 14, No. 2, Desember 2017
https://bali.tribunnews.com/2018/11/10/kemenpar-targetkan-20-juta-wisman-pada-2019-putri-diharapkan-mampu-hadirkan-destinasi-unik (Diakses tanggal 1 Agustus 2019)
https://bisnis.tempo.co/read/1429918/bps-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2020-207-persen?page_num=2 (Diakses tanggal 28 Juli 2021)
https://bisniswisata.co.id/2018-kunjungan-wisman-ke-sumbar-merosot/ (Diakses tanggal 2 Agustus 2019)
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3209609/sumatera-barat-dikunjungi-78-juta-wisatawan-domestik-tahun-ini (Diakses tanggal 2 Agustus 2019)
https://news.okezone.com/read/2018/ 12/21/1/1994416/pariwisata-indonesia-jadi-sumber-devisa-kemenpar-mantap-tatap-2019
https://sumatra.bisnis.com/read/20190204/534/885208/jumlah-wisman-ke-sumbar-2018-turun-441 (Diakses 2 Agustus 2021)
Https://Sumbartravel.Com/Wp-Content/Uploads/Dataupload/Statistik%20pariwisata%20sumbar-2020.Pdf
Juwono, Onny. 2011. Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba (Franchise) (Studi Kasus di Restoran Cepat Saji McDonald’s) Periode Oktober - Desember 2011. http://fe.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2011/05/Jurnal-Analisis-Manajemen-Strategik-Mcdonalds_Onny_Yuwono.pdf. (Diakses tanggal 25 Juli 2020)
Kemenpar. Kemenparekraf Promosikan Indonesia Sebagai Destinasi Pariwisata Syariah Dunia. http://www.kemenpar.go.id (diakses 27 Juli 2021)
Kemenpar. Kemenparekraf Promosikan Indonesia Sebagai Destinasi Pariwisata Syariah Dunia. http://www.kemenpar.go.id (diakses 27 Juli 2021)
Masbiran, Vivi Ukhwatul K. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Sumatera Barat Impact Of The Covid-19 Pandemic On West Sumatera Tourism. Jurnal Pembangunan Nagari. Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2020 : 148 - 164
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Noviantoro, Kurnia Maulidi dan Achmad Zurohman. 2020. Prospek Pariwisata Syariah (Halal Tourism): Sebuah Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0, EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah. Volume 8, Nomor 2, 275-296, P-ISSN: 2355-0228, E-ISSN: 2502-8316, http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/equilibrium
Philip Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.
Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Rendayani, Mentari, dan Unggul Priyadi. (tanpa tahun). Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Wisata Syariah Puncak Mas Sukadanaham Bandar Lampung, Prosiding National Conference on Applied Business ISBN: (tanpa nomor)
Robbins, S.P., dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga. Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama.
Sancoko, Aldo Hardi. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Makanan dan Minuman pada Depot Time to Eat Surabaya. AGORA, Vol. 3, No. 1, (2015).
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama
Silitonga, Samuel Saut Marihot, dan Putu Anom. 2016. Kota Tua Barus sebagai Daerah Tujuan Wisata Sejarah di Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Destinasi Pariwisata. ISSN: 2338-8811. Vol. 4 No 2.
Soedarso, Muchammad Nurif, dan Windiani. 2014. Potensi dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam dengan Pendekatan Marketing Places (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bojonegoro). jsh Jurnal Sosial Humaniora. Vol 7, No.2, November 2014
Sucipto, Hery dan Fitria Andayani. 2014. Wisata Syariah: Karakter, Potensi, Prospek dan Tantangannya. Jakarta: Grafindo Books Media dan Wisata Syariah Consulting.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Suryadana, M. Liga dan Vanny Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.