Peran Teori TAM Dalam Meningkatkan Repurchase Intention Pengguna SPayLater Di Kota Padang
Abstract
Electronic payments are an opportunity for e-commerce companies to increase their sales transactions. One way is to use Shopee PayLater. This research aims to analyze the influence of Perceived Easy of Use, Perceived Usefulness and Trust on Repurchase Intention of SPayLater Users. The sample collection method used is purposive sampling, where samples are taken based on certain criteria, so that the number of samples obtained is 80 people. In analyzing the data using the Smart PLS program, it shows that Perceived Ease of Use and Trust have no effect on Repurchase Intention among SPayLater users in Padang City, while Perceived Usefulness has a positive effect on Repurchase Intention among SPayLater users in Padang City
Abstrak
Pembayaran elekronik menjadi peluang bagi perusahaan e-commerce untuk meningkatkan transaksi penjualannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan SPayLater. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Easy of Use, Perceived Usefullness dan Trust terhadap Repurchase Intention pada Pengguna SPayLater. Metode pengumpulan sample yang di gunakan adalah purposive sampling dimana dalam pengambilan sample berdasarkan kriteria tertentu, sehingga jumlah sample yang di dapat 80 orang. Dalam menganalisis data menggunakan program Smart PLS yang menunjukkan bahwa tidak berpengaruhnya Perceived Ease Of Use dan Trust terhadap Repurchase Intention pada pengguna SPayLater di Kota Padang, sedangkan Perceived Usefulness berpengaruh positif terhadap Repurchase Intention pada pengguna SPayLater di Kota Padang.
References
Anthapratama, F. I., & Rohman, F. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Used Dan Trust Terhadap Repurchase Intention Pengguna Layanan E-Commerce. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Volume 1 N(2), 152–155.
Aurelia, F., & Nawawi, M. T. (2021). Pengaruh Customer Satisfaction, Perceived Value, Dan Trust Terhadap Online Repurchase Intention Pada Fashion Di Instagram Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 117. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11296
Azhari, S. P., & Nurhadi. (2022). Kemudahan Penggunaan, Resiko, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Repurchase Intentionpada Situs Belanja Online Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(2), 132–138.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Diansari1, S., & Halimatussakdiah. (2024). Pengaruh Trust Dan Perceived Ease of Use Terhadap Repurchase Intention Yang Dimediasi Oleh Perceived of Usefulness Dalam …. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(4), 692–706. http://repository.radenintan.ac.id/32020/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/32020/1/Sri Arum Saputri_1951040182_Bab 1 dan 2.pdf
Farras, B. (2019). Gojek Hingga Traveloka, Ini Platform yang Sediakan Pay Later. CNBC Indonesia, 1–7. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190510180848-37-71799/gojek-hingga-traveloka-ini-platform-yang-sediakan-pay-later
Help Shopee.co.id. (n.d.). [Baru di Shopee] Apa saja Metode Pembayaran yang didukung oleh Shopee Lite? | Pusat Bantuan Shopee ID. Retrieved May 7, 2024, from https://help.shopee.co.id/portal/9/article/115418-%5BBaru di Shopee%5D Apa saja Metode Pembayaran yang didukung oleh Shopee Lite%3F
https://help.shopee.co.id. (n.d.). [SPayLater - Lainnya] Mengapa saya masih memiliki tagihan di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) setelah melakukan pembayaran atau refund? | Pusat Bantuan Shopee ID. Retrieved May 21, 2024, from https://help.shopee.co.id/portal/4/article/72473-[SPayLater---Lainnya]-Mengapa-saya-masih-memiliki-tagihan-di-SLIK-(Sistem-Layanan-Informasi-Keuangan)-setelah-melakukan-pembayaran-atau-refund%3F
Keni, K. (2020). How Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use Affecting Intent to Repurchase? Jurnal Manajemen, 24(3), 481. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.680
Kurniasari, N. A., & Widayanto, W. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Pengguna Lazada Mahasiswa FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 900–905. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29900
Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25–32. https://doi.org/10.9744/pemasaran.7.1.25-32
Lagita, L., & Briliana, V. (2018). Pengaruh Customer Satisfaction, Adjusted Expectation, Perceived Value, dan Perceived Usefullness Terhadap Online Repurchase Intention pada Pelanggan Lazada. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.55601/jwem.v8i1.528
Laora, S. E., Hidayati, T., & Asnawati. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness tehadap Repurchase Intention yang Dimediasi oleh Customer Trust. Kinerja, 18(2), 304–313.
Nofiyanti, N., & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 281–290. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.477
Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458
Puri, N., & Mulyono, F. (2023). Pengaruh trust terhadap online repurchase intention dengan e-satisfaction sebagai variabel mediasi: studi pada generasi milenial pengguna tokopedia. Journal of management, 16(1), 1–3.
Rodoli Pasaribu, S., & Kresnamurti Rivai, A. P. (2024). Analisis Kepercayaan Pengguna Paylater pada Shopee dan Tokopedia. Journal of Business Application | Mei, 3(November), 1–18.
Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 10–21. https://doi.org/10.33633/jpeb.v2i1.2231
Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan menggunakan e-wallet dan persepsi manfaat serta promosi terhadap minat beli ulang saldo e-wallet ovo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis; Vol 8, No 4 (2019)DO - 10.14710/Jiab.2019.24834, Vol 8, No. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/24834
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D.
Sumarni, Hidayati, T., & A, G. N. (2021). Pengaruh Trust Costomer dan Perceived Ease of Use serta Buying Decision dan Repurchase Intention. Jurnal Manajemen, 13(1), 132–141.
Syarifah Diyanti, Yuliniar, S. (2021). customer experience, kepuasan pelanggan dan repurchase intention pada e-commerce shopee, 2021, ii, 677–89. Korelasi, 2, 677–689.
Wang, E. S. T., & Chou, N. P. Y. (2014). Consumer characteristics, social influence, and system factors on online group-buying repurchasing intention. Journal of Electronic Commerce Research, 15(2), 119–132.
Zahro, S. Z., & Hadi, M. (2023). Pengaruh perceived usefulness dan perceived value terhadap online repurchase intention pada konsumen e-commerce shopee di kota malang . Jurnal aplikasi bisnis, 9(1 se-articles), 1–7. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.550
Zboja, J. J., & Voorhees, C. M. (2006). The impact of brand trust and satisfaction on retailer repurchase intentions. Journal of Services Marketing, 20(6), 381–390. https://doi.org/10.1108/08876040610691275