Kesiapan Mahasiswa Universitas Dharma Andalas dalam Pembelajaran Daring di Masa New Normal

  • Mellyna Eka Yan Fitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
  • Lasty Yossi Hastini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
  • Lucy Chairoel Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
Keywords: Online Learning, Intention, Attitude Towards The Behavior, Subjective Norms, Perceived Behavioral Controls, Daring, Niat, Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, Kendali Perilaku Yang Dirasakan

Abstract

Higher education institutions, as advanced learning providers, require all students to keep up with technological developments and apply them in online learning. There are many challenges faced by both lecturers and students, ranging from supporting electronic devices, signal strength, data quotas, to students' skills in utilizing technology for learning. Initially, they were not prepared, but now they must be ready for online learning. A random sample of 200 respondents from the undergraduate Management program at Dharma Andalas University provided results showing that the Attitude Towards The Behaviour variable has the strongest influence on the Intention variable, followed by Subjective Norms, and then Perceived Behavioral Controls. So far, students' readiness for online learning is quite good, and they even hope that the campus continues online learning, but with the inclusion of face-to-face learning.

 

 ABSTRAK

Perguruan tinggi sebagai pembelajaran lanjutan mewajibkan seluruh mahasiswa untuk mengikuti perkembangan teknologi dan menerapkannya dalam pembelajaran daring ini. Banyak kendala yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa mulai dari perangkat elektronik yang mendukung, sinyal, kuota dan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran. Pada awalnya mereka tidak siap namun hingga sekarang mereka harus siap untuk pembelajaran daring. Sampel yang dipilih secara acak sejumlah 200 responden mahasiswa program studi S1 Manajemen Universitas Dharma Andalas yang memberikan hasil bahwa variabel Attitude Towards The Behaviour mempengaruhi variabel Intention paling kuat, selanjutnya Subjective Norms dan selanjutnya Perceived Behavioural Controls. Sejauh ini kesiapan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran daring adalah cukup baik dan bahkan mereka berharap kampus tetap melakukan pembelajaran daring, namun tetap ada pembelajaran tatap muka.

 

 

References

Abidah, & Aklima. (2022). Analisis Kesiapan Belajar Mahasiswa Secara Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Genta Mulia, Jurnal Ilmiah Pendidikan, XIII(No.01), 123–135.
Andriani, R., & Wahyuni, S. (n.d.). Identifikasi Persepsi Mahasiswa Dan Hambatan Dalam Perkuliahan Daring Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.v6i3.230
Chairoel, L., Fitri, M. E. Y., & Hastini, L. Y. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi. Amar (Andalas Management Review), 4(1), 82–99. Https://Doi.Org/10.25077/Amar.4.1.82-99.2020
Diana, E., & Rofiki, Moh. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran , 3(No. 2), 336–342.
Fitri, M. E. Y., Hastini, L. Y., & Chairoel, L. (2021). Kesiapan Dosen Universitas Dharma Andalas Dalam Proses Pembelajaran Di Masa New Normal.
Handayani, P. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Dan Penerimaan Teknologi Pada Sistem Ujian Online. Paradigma, Xv(No.02), 147–159. Http://Www.Bsi.Ac.Id
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?Jurnal Manajemen Informatika. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34010/Jamika.v10i1
Jannah, M., Bustamam, N., Program, Y., Bimbingan, S., Konseling, D., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2020). Kesiapan Diri Mahasiswa Dalam Menghadapi Perkuliahan Daring. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5, 13–18.
Musriannur, M. H., Yasirandi, R., & Oktaria, D. (2021). Pengukuran Dan Analisis Penerimaan Lms Sebagai Media Belajar Online Menggunakan Technology Acceptance Model Di Universitas Telkom. 11505–11518.
Saputra, M. D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Guru Dalam Menggunakan E-Learning Moodle Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus Guru Smk Aceh Besar).
Saragih, S., Markus, T., Rhian, P., & Setiawan, S. (2021). Exploring Lecturers And Students’ Readiness For Online Learning During Covid-19 Pandemic. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 01(No.01), 124–141.
Setiawan, A. C. (2021). Kesiapan Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan. 6(1), 33–42. Https://Doi.Org/10.17977/Um027v6i12021p033
Suprijono, A. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal ◆i Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (R. Mubit, Ed.; Pertama, Pp. 33–47). Iain Parepare Nusantara Press.
Surya Siregar, H., Ramdhan, D. F., & Sugilar, H. (2022). Technology Acceptance Model (Tam) Pada Pembelajaran Online Mahasiswa Ppg Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Pendidikan Islam, 11(No.01), 279–293. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.v11i01.2174
Rohmah, D. W. M., & Rizqan, M. D. A. (2021). Kesiapan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 22(2), 136–147. Https://Doi.Org/10.23917/Humaniora.v22i2.9460
Undang-Undang No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, (2012)
Published
2023-07-31