Aplikasi E-Task Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Perancangan Basis Data Di Perguruan Tinggi
Abstract
Pada saat ini, masih banyak perguruan tinggi yang menggunakan metode Teacher Centered Learning (TCL) dalam proses pembelajarannya. Hal ini membuat mahasiswa kurang kreatif dan mandiri dalam kegiatan proses pembelajaran maupun dalam pembuatan tugas yang diberikan oleh Dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang berbasis Problem Based Learnig (PBL), dengan menggunakan sebuah aplikasi E-Task untuk meningkatkan perilaku inovatif dan kreaktif pada mahasiswa dalam matakuliah Perancangan Basis Data. E-Task adalah penugasan elektronik yang aplikasinya merupakan media atau alat bantu bagi dosen dan mahasiswa untuk proses belajar-mengajar yang memfokuskan pada pembuatan tugas kelompok mahasiswa dengan menggunakan metode PBL. Mahasiswa dapat melakukan diskusi kelompok dalam aplikasi ini untuk mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh Dosen, begitu juga dengan tugas mandiri dapat dilakukan menggunakan aplikasi ini. Penelitian ini menggunakan konsep dasar pengembangan sistem yaitu System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall yang digambarkan dengan alat bantu perancangan sistem Unified Modeling Language (UML). Dengan adanya aplikasi E-Task pada mata kuliah Perancangan Basis Data, dapat meningkatkan inovasi, kreatifitas dan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran, serta dosen dapat mengolah nilai mahasiswa dengan lebih cepat dan praktis dengan sistem yang terkomputerisasi.
Downloads
References
A. Rosa, M. S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (edisi revi). Bandung: Informatika Bandung.
Hakim, L. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning ) Pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. Jurnal Perancangan Basis Data Islam Ta‟lim, 13 (1), 44.
Indera, R. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Alat Kesehatan Berbasis Web Pada Pt. Alfin Fanca Prima. Positif, 1 (1), 37–45.
Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-Gps) Dengan Platform Android Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika Komputa). Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1 Volume (1), 8.
Khanifatul. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. 9 (2), hlm. 14.
Melian, Lusi Hamdani, D. (2016). Perancangan Model Sistem Informasipengelolaan Obat Di Apotek (Studi Kasus : Apotek Rosa Farma). Teknologi Dan Informasi, 3 (2), 10.
Ningsih, D. (2019a). Aplikasi E-Task Berbasis Student Center Learning Pada Matakuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi. Techno.COM, 18 (1), 37–49.
Ningsih, D. (2019b). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Model Drill Practice Pada Perancangan Basis Data. Jurnal Ipteks Terapan, 12 (4), 268.
Okmarisa, H., Darmana, A., & Suyanti, D. (2016). Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Kimia, 8 (2), 130–135.
Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Teknologi Dan Informasi, 06 (04), 47–55.
Rizki, F. (2018). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Stok Darah Berbasis Web Mobile Di Palang Merah Indonesia Unit Donor Darah Cabang Musirawas. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Sekayu, VIII (1), 67–73.
Romadhoni, E. N. A., Widiyaningtyas, T., & Pujianto, U. (2015). Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Alumni SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 1 (2), 8.
Safitri, A. P. Y. (2015). The research of negative ion test method for fabric. Advanced Materials Research, 756–759 (1), 138–140.
Samrin. (2015). Perancangan Basis Data Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia Samrin. Al-Ta’dib, 8 (1), 101–116.
Saputra, R. (2015). Digit mirror-writing in children: Towards an unlocking of the mystery. Jurnal Momentum, 17 (2), 227–251.
Siregar, H. F., & Sari, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Simpan Pinjam Uang Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Asahan Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi, 2 (1), 7.
Sitohang, H. T. (2018). Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbais Web Pada Pengadilan Tinggi Medan. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3 (1), 6–9.
Swara, G. Y., Kom, M., & Pebriadi, Y. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web. Jurnal TEKNOIF, 4 (2), 27–39.
Syaifulloh, A. (2016). Pengaruh Strategi Problem-Based. Wahana Akademika, 3( 2), 136.
Vardani, A., Arinie, F., Taufik, M., Studi, P., Telekmonukasi, J., Elektro, J. T., & Malang, P. N. (2019). Rancang Bangun Sistem Monitoring Tanaman Cabe Jamu. Jurnal JARTEL, 9 (2), 127–131.
Wijaya, Z. S. (2015). Pada Aplikasi Monitoring Keuangan Dan Aset (Terkait Penatausahaan Piutang Tuntutan Ganti Kerugian Negara). JEAM, XIV (September), 1–10.
Zuhairini, Ghofir Abdul, A. Y. S. (1981). Methodik Khusus Perancangan Basis Data.
Copyright (c) 2022 Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.