ANALISIS TEGANGAN ALAT UJI BENDING PIPA SKALA LABORATORIUM MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSIS

indonesia

  • angga bahri pratama unidha
  • Islahuddin Islahuddin
Keywords: Tegangan bending maksimum, regangan maksimum, defleksi maksimum, alat blending pipa, modulus elastisitas

Abstract

Proses pengerolan yang banyak digunakan di industri skala kecil seperti bengkel, workshop dan lain-lain masih dilakukan secara manual. Pembuatan mesin bending pipa dengan proses ini memerlukan perencanaan yang tepat dengan cara mengetahui terlebih dahulu tegangan yang bekerja pada pipa agar tidak melebihi tegangan maksimumnya. Tegangan maksimum dalam perencanaan dan pembuatan mesin merupakan suatu dasar yang sangat penting untuk diketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil simulasi tegangan yang terjadi pada alat bending pipa skala laboratorium yang mengalami pembebanan menggunakan perangkat lunak Solidworks 2020. Proses simulasi dilakukan dengan variasi pembebanan 700 N, 500 N dan 100 N. Proses Simulasi dilakukan dengan beberapa langkah pengerjaan, yaitu menginputkan data material baik material roller maupun material pipa yang akan dilakukan pengerolan. Data material yang diinputkan dapat berupa modulus elastisitas, poissons’ratio, yield strength dan lain-lain. Langkah selanjutnya diinputkan pemodelan roller bending dengan solidworks, setelah itu dilakukan simulasi metode elemen hingga (finite element analysis) menggunakan software Solidworks 2020. Selanjutnya dari proses simulasi telah dilakukan diperoleh tegangan bending maksimum sebesar 265,1 MPa, sedangkan static displacement maksimum sebesar 2,161 e1 mm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F.,Ary, Syam, B., 2013.Analisis Simulasi Struktur Chassis Mobil Mesin Usu Berbahan Besi Struktur Terhadap Beban Statik Dengan Menggunakan Perangkat Lunak Ansys 14.5.Jurnal e-Dinamis. vol. 6. no.2. pp.70-79.

Rusnadi dkk. Perancangan Mesin Bending untuk Pipa Berdiameter Satu Inch Menggunakan Metode Roll Bending. Jurnal Teknik: TEKNIKA. vol. 7. no.1. pp.49-56.

Awwaluddin, M. dkk. Analisis Tegangan Statik dan Dinamik Pada Perancangan dan PengembanganStruktur Bodi Monorail Produksi MBW Menggunakan Finite Element Analysis (ANSYS). 2013. Seminar Universitas Indonesia.

Nurcahyo, Y.E., Ellianto, M.S.D. 2018. Rancang Bangun Mesin Roll Bending Portable. Teknika: Engineering and Sains Jurnal. Vol.2. no.2. pp.109-114.

Sutanto, H. Analisis Tegangan Roda Gigi Miring pada Transmisi Kendaraan Roda Empat berdasarkan AGMA dan ANSYS. 2017. Media Teknika Jurnal Teknologi. Vol.12. no.1. pp.17-25.

Yusrizal, A., & Suryadi, L. (2018). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI RAWAT JALAN PADA KLINIK FERI ASWADI DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 1(2), 401-406.

Published
2021-01-31
How to Cite
pratama, angga, & Islahuddin, I. (2021). ANALISIS TEGANGAN ALAT UJI BENDING PIPA SKALA LABORATORIUM MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSIS. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 201-205. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.214