APLIKASI PEMBAYARAN TAGIHAN AIR PADA PAMSIMAS KKM BENING LESTARI DESA ALAI SELATAN

  • Yenni Herayani Manajemen Informatika, AMIK Selat Panjang, Jalan Terpadu Dorak No. 100 Selat Panjang
Keywords: aplikasi, Pembayaran Tagihan Air, Metode Prototype

Abstract

Sistem Pembayaran Tagihan air yang berjalan pada PAMSIMAS KKM Bening Lesteri Desa AlaiĀ  Selatan masih manual dengan menggunakan buku pembayaran,hal tersebut mengakibatkan belum optimalnya kinerja dari pengelola Layanan Air di desa Alai tersebut. Kekurangan dari sistem yang sedang berjalan ini adalah tidak adanya kontrol terhadap keterlambatan warga dalam membayar tagihan air,petugas mengalami kesulitan ketika petugas atau warga ingin mengetahui history jumlah debit yang digunakan warga pada bulan sebelumnya.Penelitian ini menggunakan metode Prototype untuk memecahkan permasalahan yang ada sehingga menghasilkan sebuah Aplikasi Pembayaran Tagihan Air yang dapat mengetahui berapa pemakaian serta jumlah denda sesuai dengan keterlambatan warga yang membayar tagihan air.

References

Suhartini,2017 Analisis dan Pengembangan Aplikasi Pembayaran Studi Kasus Perusahaan Daerah Air Minum
(PDAM) Tirta Prabujaya Kota Prabumulih. Volume 8, Nomor 1.Magdalena,Lena.Hatta,Muhammad,Natalia,
Lisa 2018.Pengembangan Aplikasi Pencatatan Transaksi Biaya Kuliah STMIK CIC Cirebon ,Jurnal DIGIT,Vol 6, No.1.
Kurniawan,Yohanes,Christie Parapaga,Janasta 2014.Pengembangan Sistem Informasi Siklus Pendapatan Pada PT.XYZ (Pendekatan Studi Kasus). Ultima InfoSys, UMI. Vol. V, Nomor 1.
Ni Putu Neni Purwanti.dkk 2014.Analisis Kualitas Pelayanan Pada Perusahaan daerah Air Minum(PDAM) Kota Denpasar,ejournal.undiksha.ac.id,V
ol 4,No.1
Published
2020-07-01