SISTEM MONITORING ODP DAN PDP COVID-19 DI GUGUS TUGAS DINAS KESEHATAN KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI BERBASIS ANDROID

  • Zulfikri Zulfikri Manajemen Informatika, AMIK Selat Panjang, Jalan Terpadu Dorak No. 100 Selat Panjang
  • Adhamdi Tria Putra Abza Manajemen Informatika, AMIK Selat Panjang, Jalan Terpadu Dorak No. 100 Selat Panjang
Keywords: monitoring, android, Covid-19

Abstract

Sistem monitoring ODP dan PDP Covid-19 di gugus tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan Sistem yang memantau dan mendata masyarakat yang terindikasi terkena penyakit Covid-19. Pada sistem yang sedang berjalan, saat melakukan proses monitoring pihak gugus tugas selalu menghubungi puskesmas-puskesmas di Kabupaten Kepulauan Meranti melalui telepon ataupun whatsapp untuk proses pendataan dan pelaporan, sehingga dalam pengelolaan data monitoring tidak terkomputerisasi dengan baik. Hal ini menyebabkan sering terjadi keterlambatan dalam pelaporan data ke Provinsi RIAU. Masalah juga terjadi terhadap jumlah data karena tidak adanya sistem closing data yang mengakibatkan laporan jumlah data harian ODP dan PDP Covid-19 selalu berbeda antara puskesmas dan Dinas Kesehatan. Untuk mendukung sistem monitoring ODP dan PDP Covid-19, maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam proses monitoring di gugus tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti dengan memanfaatkan teknologi berbasis Android. Penulis menggunakan bahasa pemograman Java dan PHP dalam membangun monitoring ODP dan PDP Covid-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti. Tujuan dalam penelitian ini untuk membantu gugus tugas agar tidak terlambat dalam melaporkan jumlah ODP dan PDP ke Provinsi RIAU serta menghindari perbedaan jumlah data antara puskesmas dan gugus tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti sehingga hasil dari penelitian ini berupa informasi tentang total hasil penemuan dan pemantauan ODP dan PDP Covid-19 setiap hari melalui aplikasi Android.

References

Halim Maulana, 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Replikasi Database MySQL dengan Menggunakan VMWare pada Sistem Operasi Open Source. Volume 1, Nomor 1.

Harison & Ahmad Syarif, 2016. Sistem Informasi Geografis Sarana pada Kabupaten Pasaman Barat. Volume 4, Nomor 2.

Harni Kusniyati & Nicky Saputra Pangondingan Sitanggang, 2016. Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Volume 9, Nomor 1.

Nelly Monica, Sumitro Sarkum & Iwan Purnama, 2018. Aplikasi Data Mahasiswa Berbasis Android : Studi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu. Volume 3, Nomor 1.

St. Hajrah Mansyur & Ichroman Raditya Duwila, 2017. Perancangan Aplikasi Monitoring PC Berbasis Desktop Pada Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer UMI. Volume 9, Nomor 2.
Published
2020-07-01