http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/issue/feed JURNAL RIVET 2022-07-27T15:21:23+00:00 Bayu Budi Irawan bay.irawan@unidha.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal RIVET&nbsp;(Riset dan Invensi Teknologi) merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Program Studi Teknik Sipil Universitas Dharma Andalas yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Rekayasa Struktur, Rekayasa dan Manajemen Konstruksi, Rekayasa Sumber Daya Air, Rekayasa Transportasi, Rekayasa Geoteknik dan Rekayasa Lingkungan serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja.<strong><br> </strong></p> http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/467 PENERAPAN METODE HORTON DALAM STUDI LAJU DAN KAPASITAS INFILTRASI DI LAHAN KAMPUS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARBARU 2022-07-27T14:57:40+00:00 Joshia Bastanta Breyken Bangun joshiabangun@gmail.com Noordiah Helda noordiah.helda@ulm.ac.id <p>Perubahan tata guna lahan di beberapa area di sekitar kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarbaru dapat mengarah pada berkurangnya area tangkapan air sehingga mempengaruhi berkurangnya air yang meresap kedalam tanah (infiltrasi). Pada penelitian ini, metode Horton diterapkan untuk menganalisis laju dan kapasitas infiltrasi pada beberapa tipe lahan di kawasan ULM Banjarbaru. Analisa sifat fisik tanah pada lahan terbuka, lahan tertutup (hutan) dan lahan kebun dilakukan untuk menganalisa hubungannya dengan laju dan kapasitas infiltrasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata laju dan kapasitas infiltrasi berurutan dari yang paling besar terdapat pada lahan hutan yaitu sebesar 24 cm/jam dan 38,32 cm/jam, kemudian lahan terbuka sebesar 16 cm/jam dan 37,38 cm/jam, dan yang terkecil terdapat pada lahan kebun yaitu sebesar 10,4 cm/jam dan 36,57 cm/jam. Dari penelitian didapatkan bahwa kandungan pasir pada tekstur memiliki hubungan yang berbanding lurus terhadap laju dan kapasitas infiltrasi, sedangkan kadar air sebaliknya. Selain itu laju dan kapasitas infiltrasi juga dipengaruhi oleh vegetasi, dimana lahan hutan yang memiliki lebih banyak vegetasi memiliki nilai laju dan kapasitas infiltrasi yang lebih besar dibandingkan lahan terbuka dan kebun.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-07-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/453 PENGARUH PENAMBAHAN SERABUT (FIBER) KELAPA SAWIT TERHADAP POROSITAS BETON 2022-07-27T15:21:23+00:00 Yeni Trianah trianah.yeni@yahoo.com Santi Sani santisaniunmura@gmail.com <p>Porositas dapat didefinisikan sebagai ruang kosong diantara material (volume ruang kosong yang ditempati oleh fluida) terhadap volume total beton. Beton merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam struktur bangunan yang mempunyai beberapa kelebihan dan mudah&nbsp; digunakan dan dikerjakan, mudah di bentuk sesuai kebutuhan, proses perawatan juga mudah dilakukan, ekonomis dalam pembuatannya karena menggunakan bahan–bahan lokal yang mudah diperoleh. Secara struktural beton memiliki kekuatan yang cukup besar dalam menahan gaya tekan. Beton dengan campuran serat merupakan beton yang dicampur dengan material serat serabut kelapa sawit, tetapi bisa juga diberikan tambahan berupa serat alami dan serat sintetis yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas dari beton. Penambahan serat serabut kelapa sawit dalam campuran adonan beton bisa memberikan kontribusi yang positif dalam pemanfaatan limbah serabut kelapa sawit. Penelitian ini dalakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan membuat sampel uji beton berbentuk kubus dengan ukuran 50x50x50mm kemudian dilakukan uji porositasnya. Pengaruh penambahan serabut kelapa sawit pada campuran beton terhadap porositas beton berdasarkan analisis regresi menghasilkan nilai porositas beton minimum (P) sebesar 21,02761%.</p> 2022-07-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/412 ANALISIS PERKUATAN KOLOM PASCA KEBAKARAN PADA GEDUNG DPRD KALIMANTAN TIMUR 2022-07-27T14:03:23+00:00 Aco Wahyudi Efendi aw.efendi2018@gmail.com <p>Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut maka perlu dilakukan Investigasi dan Assesment pada gedung D Komplek Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Timur yang bertujuan agar aktivitas yang terjadi dapat berjalan dengan baik. Adapun Investigasi dan Assesment ini merupakan salah satu upaya owner untuk dapat menunjang pencapaian sasaran. Dapat diketahui tingkat keamanan dan stabilitas bangunan gedung serta langkah-langkap yang perlu diambil untuk pemeliharaan dan memperbaiki/memperkuat strukturnya bila dianggap perlu. Dari hasil analisis struktur dengan konsep kapasitas layan Gedung dan mengunakan hasil investigasi metode NDT menggunakan f’c 20 MPa dan hasil jumlah kebutuhan tulangan pada tiap struktur secara garis besar Gedung DPRD masih dalam kondisi layak guna, namun pada segmen ruangan yang telah mengalami kebakaran pada lantai satu dilakukan analisis khusus dengam melakukan pengurangan mutu beton dan baja pasca terinteraksi dengan suhu besar sesuai dengan beberapa penelitian dan jurnal melakukan penurunan mutu hingga 40-50% dimana f’c dimasukkan menjadi f’c 10 MPa dan tegangan leleh minimun dan minimun pada baja tulangan ruangan tersebut diturunkan menjadi 50% fy 120 MPa dan fu 195 MPa.</p> 2022-07-16T15:41:07+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/491 ANALISIS RISIKO K3 PADA PROYEK GEDUNG RSUD PASAMAN BARAT DENGAN METODE HIRARC 2022-07-27T14:03:24+00:00 Kharisma Permata Sari irma_kharisma_ps@upiyptk.ac.id Maiyozzi Chairi maiyozzichairi50@gmail.com Ricky Permata Helin rickypermata93@gmail.com <p>Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja masih belum menunjukkan hasil yang diharapkan, hal ini terindikasi dari tingkat kecelakaan kerja yang relatif masih tinggi. Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Untuk mengurangi atau menghilangkan bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan di tempat kerja maka diperlukan suatu manajeman risiko yang kegiatannya dapat meminimalisir tingkat risiko kecelakaan kerja ke yang lebih rendah, dan mencegah kerugian dari proyek konstruksi, diperlukan suatu sistem manajemen K3 yang mengatur dan dapat menjadi acuan bagi konsultan, kontraktor, dan para pekerja konstruksi. Data hasil Penelitian ini didapat melalui penyebaran kuesioner kepada 30 orang pekerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja PT MAM ENERGINDO yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini pekerja/karyawan PT. MAM ENERGINDO berjumlah 30 orang yang bertugas di PT. MAM ENERGINDO. Hasil Penelitian analisis validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan aplikasi SPSS, untuk validitas dinyatakan valid karena &gt; , dan untuk reliabilitas, Setelah dilakukan perhitungan reliabilitas diperoleh nilai Cronbach Alpha 0,751 data dikatakan reliabel jika angka cronbach alpha &gt; 0,7. Karena Cronbach Alpha = 0,751 lebih besar dari Cronbach Alpha = 0,7, maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut adalah reliabel. dengan demikian dapat dikatakan bahwa Hasil rata-rata penilaian resiko menunjukkan bahwa area pembangunan RSUD Pasaman Barat masih berada pada level risiko low dengan 3 kecelakaan moderate yaitu Tertimpa peralatan/material, Terkena percikan las dan Terinfeksi akibat terhirup debu dari plafon yang dipotong . Selain itu area pembangunan RSUD Pasaman Barat masih berada pada level risiko low</p> 2022-07-17T18:43:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/492 PERSEPSI MAHASISWA TEKNIK SIPIL UPI “YPTK” PADANG YANG MENGGUNAKAN ANGKUTAN UMUM KOTA MENUJU KAMPUS 2022-07-27T14:03:25+00:00 Nadra Arsyad nadra.arsyad@gmail.com Asri Yuda Trinanda asriyuda@upiyptk.ac.id Jihan Melasari jihan_melasari@upiyptk.ac.id <p>Berkembangannya teknologi dimasa sekarang ini, ternyata mendatangkan dampak positif dan negatif ditengah masyarakat. Untuk dampak negatifnya yang dapat kita lihat adalah pada angkutan umum konvensional atau angkot. Dimana kita ketahui saat ini meningkatnya jumlah kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor. Diamping itu saat ini juga hadir angkutan umum online yang memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan kepada penggunnya.Tujuan penelitian : 1 Untuk mengetahui bagaimana keberadaan angkutan umum kota (Angkot) yang menuju kampus, 2. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa teknik sipil, fakultas teknik universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang terhadap keberdaan angkutan umum kota, 3. Tentang persepsi mahasiswa jurusan teknik sipil, fakultas teknik universitas putra indonesia “YPTK”Padang terhadap layanan angkutan umum kota (angkot) yang melewati kampus.Metode survey pengunpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar kuisioner online kepada mahasiswa pengguna angkutan umum kota (angkot) sebanyak 85 responden. Berdasarkan hasil survei bahwa mahasiswa pengguna angkutan umum terbanyak dengan jenis kelamin perempuan sebesar 57,4%. Dari 85 responden, hanya 51,8% responden yang menggunakan angkot &gt; dari 2 kali. Untuk keterediaan layanan angkot dengan cepat dan tepat untuk menangani permasalahan sebesar 55,3%. Keramahan sopir angkot dalam memberikan pelayanan terhadap penumpang, sebesar 70,9 % yang menyatakan “Ya”. Responden yang menyatakan tidak nyaman saat berada atau menggunakan angkutan umum sebesar 71,8%. Responden yang menyatakan tidak aman menggunakan angkot sebesar 85,9%. Kesessuaian tarif yang diberikan angkot terhadap pengguna sebesar 72,9% resopnden menyatakan “Ya”. Waktu tunggu angkot ditempat pemberhetian&nbsp; respnden yang menyatakan tidak lama sebesar 61,2%.</p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/537 ANALISIS PENGARUH ANTRIAN KENDARAAN DI BAHU JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TRIKORA KOTA BANJARBARU 2022-07-27T14:03:26+00:00 Utami Sylvia Lestari utami.s.lestari@ulm.ac.id Azky Qurani azkyyquranii@gmail.com <p>Analisis terhadap kinerja ruas jalan di sekitaran area SPBU 64.707.05 Trikora dimaksudkan untuk mengetahui serta membandingkan kinerja ruas jalan yang terjadi akibat adanya antrian truk di area SPBU dengan area yang tidak terdapat antrian truk. Faktor hambatan samping juga diperhatikan sebagai salah satu indikator terhadap penurunan kinerja ruas jalan. Dalam menghimpun data yang bersifat primer dilakukan dengan observasi atau pengamatan secara langsung di lapangan. Analisis data dilaksanakan menggunakan metode konvensional yaitu Greenshield, Greenberg, dan Underwood dengan harapan dapat menemukan model yang terbaik dari tiga metode konvensional tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan analisis, terjadi penurunan sebesar 7,00 % pada volume maksimum, sebesar 13,68 % pada kecepatan maksimum dan peningkatan kepadatan sebesar 24,58% dengan menggunakan model Greenshield yang mana nilai koefisien korelasinya adalah 0,906 (sangat kuat) pada area yang memiliki antrian truk dan 0,897 (sangat kuat) pada area yang tidak terdapat antrian truk.</p> 2022-07-26T13:03:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/482 ANALISA KAPASITAS SEISMIK DENGAN DAN TANPA DINDING BATA PADA GEDUNG BETON BERTULANG 2022-07-27T15:11:28+00:00 Lili Leilany leilani_lily@yahoo.com <p>Makalah ini menjelaskan pengaruh dinding bata terhadap kapasitas seismik gedung beton bertulang berlantai banyak. Di &nbsp;Kota Padang, sebagian besar bangunan beton bertulang menggunakan dinding bata sebagai dinding non struktural. Karena dinding bata digunakan sebagai bagian dari non-struktural, selama tahap desain, kontribusinya terhadap perilaku bangunan secara keseluruhan tidak diketahui dengan baik. Dalam studi ini, kontribusi dinding terhadap kapasitas seismik Gedung beton bertulang berlantai banyak diselidiki. Untuk tujuan ini, Gedung beton bertulang sembilan lantai dipilih sebagai model analitis. Bangunan yang terletak di dekat garis pantai Kota Padang. Model dianalisis untuk analisis Pushover dan Time history dengan menggunakan perangkat lunak komputer berdasarkan metode elemen hingga nonlinier, yang disebut Analisis Respon Gempa Struktural 3D (STERA 3D). Bangunan dimodelkan sebagai struktur rangka beton bertulang dengan dan tanpa dinding bata. Hasil studi analitik menunjukkan dinding bata nonstruktural memiliki peningkatan yang signifikan terhadap kapasitas seismik bangunan beton bertulang. Dinding bata juga dapat mengurangi kerusakan komponen struktur.</p> 2022-07-26T14:24:56+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/543 TIPOLOGI POLA RUANG RUMAH KOST MAHASISWA DI BANJARBARU 2022-07-27T15:13:50+00:00 Irma Fawzia irma.fawzia@ulm.ac.id Dila Nadya Andini dila.andini@ulm.ac.id <p>Rumah kost adalah hunian sementara yang digunakan mahasiswa saat kuliah karena jauh dari rumah. Banyak rumah kost bermunculan di sekitar Universitas Lambung Mangkurat. Sayangnya, belum banyak penelitian yang membahas tentang rumah kost. Tujuan penelitian ini adalah mencari tipologi pola ruang pada rumah kost dan posisi keberadaan ruang bersama. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah kost di sekitar Universitas Lambung Mangkurat di Banjarbaru. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian dapat memetakan macam-macam tipe pola ruang pada rumah kost, berserta jumlah tiap jenisnya.</p> 2022-07-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/473 PENGARUH PEDAGANG KAKI LIMA TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DENGAN TIPE 2/2 UD (STUDI KASUS JL. JENDRAL SUDIRMAN KOTA BANJARMASIN) 2022-07-27T14:03:27+00:00 Nisvia Febriany nisvia.fbrny@gmail.com Iphan Fitrian Radam ifradam@ulm.ac.id <p>Kegiatan yang ditinjau adalah kegiatan pedagang kaki lima di daerah Taman Siring 0 Km Kota Banjarmasin, tepatnya di tepi Jalan Jendral Sudirman dengan panjang jalan yang terpakai oleh kegiatan pedagang kaki lima sepanjang ±140 meter dengan lebar bahu jalan ±1 meter dan lebar badan jalan ±1 meter. Kegiatan pedagang kaki lima cukup berpengaruh terhadap kinerja arus lalu lintas. Akibat adanya kegiatan pedagang kaki lima di Taman Siring berupa meningkatnya kepadatan lalu lintas dan kecepatan sehingga dapat menimbulkan kemacetan. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan pedagang kaki lima terhadap arus lalu lintas Jalan Jendral Sudirman. Penelitian yang dilakukan adalah survei lapangan untuk mencari data volume dan kecepatan pada ruas jalan. Survei dilakukan pada dua kondisi yaitu kondisi dengan adanya pedagang kaki lima dan kondisi tidak adanya pedagang kaki lima. Gunanya yaitu agar dapat dilihat besar pengaruhnya. Perhitungan yang digunakan yaitu dengan metode konvensional, dan didapatkan hubungan model terbaik dengan menggunakan model Greenshield. Dari hasil perhitungan terjadi sedikit penurunan pada volume maksimum yaitu sebesar 2,41%, pada kecepatan rata-rata terjadi penurunan sebesar 6,64%, dan kepadatan maksimum terjadi kenaikan sebesar 4,53%.</p> 2022-07-26T18:06:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/RIVT/article/view/474 ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA JALAN AHMAD YANI – JALAN TANJUNG BARU, KECAMATAN MURUNG PUDAK, KABUPATEN TABALONG 2022-07-27T14:03:28+00:00 Arisma Novita Trinanda arismatrinanda@gmail.com Iphan Fitrian Radam ifradam@ulm.ac.id <p>Simpang tiga Jalan Ahmad Yani – Jalan Tanjung Baru, Murung Pudak Kabupaten Tabalong adalah salah satu jalan darat menuju Kalimantan Timur. Pada persimpangan tersebut mengalami peningkatan volume kendaraan setiap tahunnya yang mengakibatkan lalu lintas pada persimpangan tersebut cukup padat. Hal tersebut memerlukan analisis kinerja lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja lalu lintas pada kondisi existing dan menetukan solusi yang dapat diberikan pada simpang tiga tersebut. Metode yang digunakan untuk menganalisis simpang tiga tersebut adalah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) dengan menggunakan perangkat lunak KAJI. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer (survei lapangan) dan data sekunder (jumlah penduduk). Hasil survei dan perhitungan yang dilakukan pada Jalan Ahmad Yani – Jalan Tanjung Baru, Murung Pudak pada kondisi existing berupa nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,710, tundaan rata-rata simpang 11,56 det/smp, tundaan rata-rata lalu lintas 7,55 det/smp, dan peluang antrian (QP) 31,14% dengan indeks tingkat pelayanan (ITP) C. Dilakukan prediksi beberapa tahun ke depan untuk mengetahui kapan simpang tiga tersebut perlu dilakukan perbaikan. Pada 5 tahun ke depan, Jalan Ahmad Yani – Jalan Tanjung Baru sudah tidak dapat bekerja dengan baik sehingga dilakukan beberapa alternatif. Dari alternatif yang telah dilakukan, pemasangan median dan pelebaran jalan utama adalah alternatif yang paling baik dan efektif.</p> 2022-07-26T18:27:29+00:00 ##submission.copyrightStatement##