ANALISIS EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG KAMPUS PROKLAMATOR I

  • Aprilla Yunita Fakultas Teknik Sipil dan Perencaan Universitas Bung Hatta
Keywords: Pemeliharaan, Bagunan Gedung, Analisis Deskriptif, Kepuasan, Skala Likert

Abstract

Sejak didirikannya pada tahun 1981 bangunan di Kampus Proklamator I Universitas Bunghatta sudah mengalami banyak perubahan baik dalam segi bentuk dan aspek lainnya. Berdasarkan pengamatan empiris saat ini perhatian terhadap perawatan bangunan masih kurang, dukungan secara usia bangunan gedung sangat membutuhkan upaya pemeliharaan dengan menjaga fasilitas dalam kondisi sebagaimana mestinya dan agar degradasi diminimalisir, serta mengoptimalkan usia pakai fasilitas bangunan gedung yang berujung memberikan kepuasan dalam hal kenyamanan civitas akademika sebagai pengguna dapat meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu perlunya mengetahui gambaran kepuasan atas kenyamanan pengguna terhadap pemeliharaan bangunan gedung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dimana pengumpulan data melalui kuisioner, pendistribusian dengan Google Form. Penentuan variabel penelitian dari literatur dan berdasarkan Permen PU No 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman dan Pemeliharaan Perawatan Bangunan Gedung .Hasil Analisis tingkat kepuasan pengguna dari Komponen Arsitektural sebesar 63.96% berada di Puas, Komponen Mekanikal  sebesar 55.70 % berada di tingkat Cukup Puas, Komponen Elektrikal sebesar 72.367 % berada di Puas, dan Sarana Prasarana Utilitas sebesar 76.20 % berada di tingkat Puas

References

Alwi, Idris. (2012). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Jurnal LPPM Unindra, 2(2), 140-148.

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. (2002). Keputusan Menteri Pemukiman dan Prasarana Wilayah nomor 332/KPTS/M/2002 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara, Jakarta.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum. (2008) Nomor 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung.

Mardalena, M. (2010). Evaluasi Pengaruh Faktor-Faktor Manajemen Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung Pada Kantor Pemerintahan Kota Banda Aceh. Program Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala. Aceh.

Risanji, M. A, Raflis, R. (2018), Analisis Faktor Pemeliharaan Bangunan Gedung Terhadap Kenyamanan Pekerja Kantor, Jurusan Teknik Sipil Universitas Trisakti, Jakarta.

Stanford, H.W, (2010). Effective Building Maintenance: Protection of Capital Assets, Lilburn; Fairmont Press, Inc.

Suryana, S. (2010). Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitativ dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat.

Suzuki Syofian, Timor Setiyaningsih, Nur Syamsiah. “Otomasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web.” Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 17 November 2015.

UBH (2020). Sejarah UBH. diakses pada 23 Feb 2020 diambil https://bunghatta.ac.id/

Yusup, F. (2018). “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif.” Jurnal Tarbiyan, 7(1), 17-23.

Published
2023-08-16
How to Cite
Yunita, A. (2023). ANALISIS EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG KAMPUS PROKLAMATOR I. JURNAL RIVET, 3(01), 11-15. https://doi.org/10.47233/rivet.v3i01.769
Section
Articles