Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Valbury Asia Futures Semarang Dalam Membangun Citra Positif Melalui Media Sosial Instagram

  • Virgin Melani Ranata Tape Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana,Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga
  • Dian Novita Kristiyani Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana,Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga
Keywords: Bauran Pemasaran, Citra Perusahaan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini memberikan banyak pengaruh bagi masyarakat termasuk Instagram. Data menunjukan bahwa Instagram memiliki pengguna terbanyak sampai saat ini, membuat beberapa perusahaan ikut menggunakannya. Namun, PT. Valbury Asia Futures (VAF) mengalami suatu kelalaian dalam proses trading yang membuat citra dari perusahaan tersebut menurun. Situasi tersebut membuat PT. VAF cabang Semarang ikut terkena dampaknya. PT. VAF Semarang dituntut untuk melakukan strategi komunikasi yang tepat untuk membangkitkan kembali citra perusahaan yang telah menurun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan  strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. VAF Semarang dalam membangun citra positif melalui Instagram. Penelitian ini dikaji menggunakan bauran pemasaran (mix marketing) 4p yaitu product, price, promotion, dan place. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan menggunakan bauran pemasaran (mix marketing), PT. VAF Semarang mampu untuk meningkatkan kembali citra positif perusahaan yang dapat dilihat melalui peningkatan interaksi pengguna Instagram terhadap akun Instagram PT. VAF Semarang.

References

Aina Maryama Isnaini, Hanny Hafiar, K. K. (2018). Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Corporate Communication PT. XL AXIALTA, Tbk. Central Region Bandung. Jurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran, 1.
Albarran, A. B. (2013). The Social Media Industries. Routledge Taylor and Francis Group.
Arief. (2007). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Bayumedia Publishing.
Atmoko Dwi, B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.
Chandra, S., & Andrew, R. (2018). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI SEBUAH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAKARTA BARAT. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 535–542.
Fauzan. (2020). Cerita Pengusaha Muda Makassar Jatuh Bangkrut Usai Diperdaya Dua Broker Pialang Saham. Liputan 6. https://www.liputan6.com/regional/read/4436668/cerita-pengusaha-muda-makassar-jatuh-bangkrut-usai-diperdaya-dua-broker-pialang-saham
Febriyan, G. E. (2017). PERANAN SEKOLAH DALAM MENANGGULANGI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 KOTA MAGELANG [Thesis]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Furqon, M. A. (2013). DINAMIKA RESILIENSI PADA JANDA (Studi Kasus Pada Wanita Yang Ditinggal Mati Pasangan Di Usia Dewasa Tengah di Dusun Plumpung Rejo Desa Karang Tengah Kandangan Kediri). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media (Vol. 1). Business Horizons.
Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Ikhsan, M. (2020, August 27). Survei: 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200819154002-185-537377/survei-5-media-sosial-paling-populer-di-dunia
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. PT Elex Komputindo.
Sakinah. (2021). PERAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM PEMBERITAAN COVID-19 PADA PEMUDA (DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN DENDANG KABUPATEN TANJUNG JUABUNG TIMUR. UIN Jambi.
Salamoon, D. K. (2013). Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya Di Dunia Maya. Paper Universitas Kristen Surabaya.
Sari, S. K. (2012). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Konsumen (Evaluasi Penjualan Jasa Kamar Aston Karimun City hotel). Jurnal Pemasaran.
Statista. (2021, August 3). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? 10 Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak (Juta) (Hingga Juli 2021). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa
Syahril, N. C. (2016). Hubungan motivasi beragama dan kompetensi kepribadian dengan perilaku dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Jamiah Mahmuddiyah Tanjung Pura kabupaten Langkat [Thesis]. Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Yantirma. (2018). RUGINYA MENJADI NASABAH PT VALBURY ASIA FUTURES (VAF). Kaskus. https://www.kaskus.co.id/thread/5acd9816dad770cd708b458d/ruginya-mencari-nasabah-pt-valbury-asia-futures-vaf/
Zaharuddin, H. (2006). Menggali potensi Wirausaha. CV Dian Anugerah Prakasa.
Published
2022-07-01
How to Cite
Ranata Tape, V., & Kristiyani, D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Valbury Asia Futures Semarang Dalam Membangun Citra Positif Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 1(2), 211-225. https://doi.org/10.47233/jppisb.v1i2.495