Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Brand Love Sebagai Variabel Mediasi Pada Kopi Kenangan Di Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap customer engagement dengan brand love sebagai variabel mediasi pada Kopi Kenangan di Kota Padang. Jenis Penelitian adalah metode Penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengkonsumsi produk makanan/minuman yang dijual oleh Kopi Kenangan di Kota Padang yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel 145. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisa data yang dipergunakan adalah SEM-Partial Least Square (PLS).
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diperoleh hasil yang dirangkum sebagai berikut social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love Kopi Kenangan di kota Padang. Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement dengan Kopi Kenangan di kota Padang. Kemudian brand love berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement dengan Kopi Kenangan di kota Padang. Selanjutnya social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement dengan brand love sebagai variabel mediasi pada Kopi Kenangan di kota Padang. Berdasarkan prosedur analisis mediasi dalam SEM-PLS Dengan Metode signifikansi path coefficient menunjukkan bahwa baik pengaruh langsung dan tidak langsung semuanya setelah dinyatakan signfikan mempunyai koefisien arah yang sama dengan arah positif sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa bentuk mediasinya adalah Complementary mediation berbentuk partial mediation.
References
Algharabat, R. S. (2017). Linking social media marketing activities with brand love: The mediating role of self-expressive brands. Kybernetes, 46(10), 1801–1819. https://doi.org/10.1108/K-04-2017-0130
Aurellia, R., & Silitonga, P. (2023). Meningkatkan Keputusan Pembelian Di Kopi Kenangan SPBU Pertamina (Sawangan Baru Depok) Melalui Sosial Media Co-Creation Reire. Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 2(1), 1–10.
Bororing, S., & Dwianto, A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Skincare Merek Somethinc Survey Pada Followers Instagram Somethinc. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 5(1), 46–57. https://doi.org/10.51353/jmbm.v5i1.715
Chayadi, S. A., Loisa, R., & Sudarto, S. (2021). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Prologia, 5(1), 175–183. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10112
Cheung, M. L., Pires, G., & Rosenberger, P. J. (2020). The influence of perceived social media marketing elements on consumer–brand engagement and brand knowledge. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(3), 695–720. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2019-0262
Farook, F. S., & Abeysekara, N. (2016). Influence of Social Media Marketing on Customer Engagement. International Journal of Business and Management Invention ISSN, 5(12), 115–125. www.ijbmi.org
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective (7th editio). Pearson Prentice Hall.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (Second). Sage Publications.
Islam, J. U., & Rahman, Z. (2016). Examining the effects of brand love and brand image on customer engagement: An empirical study of fashion apparel brands. Journal of Global Fashion Marketing, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.1080/20932685.2015.1110041
Mohammadi, S., Azizi, A. D., Rahimi, F., & Kamali, F. (2019). The Effect of Social Media Marketing on Brand Loyalty according to mediating role of Brand love ( Followers of Instagram L . G . Products in Iran ). 4th International Conference on Management, Accounting and Economics with an Emphasis on Regional and Global Marketing.
Nurfitriana, R., Surachman, S., & Hussein, A. S. (2020). The Influence of Brand Image and Brand Love on Customer Loyalty Mediated by Customer Engagement: Study on Consumers of Wardah Cosmetics. Management and Economic Journal (MEC-J), 4(2), 105–116. https://doi.org/10.18860/mec-j.v4i2.6251
Rachmadhaniyati, R., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagement dengan Loyalitas Merek dan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 1124–1137. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p1124-1137
Riyasa, I. A. P. W., Dewi, N. I. K., & Lina, N. P. M. (2023). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty Pada UMKM Kuliner di Denpasar. Juima: Jurnal Ilmu Managemen, 13(1), 14–25.
Selvi, S., & Ningrum, L. (2020). Gaya Hidup Minum Kopi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi (Studi Kasus Pada Kopi Kenangan Gandaria City - Jakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(01), 23–30. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v14i01.15
Selvia, N. (2022). Segera Serbu!! Kopi Kenangan Bertabur Promo di Padang. Https://Padek.Jawapos.Com/Bisnis/07/10/2022/Segera-Serbu-Kopi-Kenangan-Bertabur-Promo-Di-Padang/.
Sikandar, M. D. I., & Ahmed, Q. M. (2019). Impact of Social Media Marketing on Brand Love: Promoting Loyalty in the Restaurant Landscape of Pakistan. Online Journal of Communication and Media Technologies, 9(4). https://doi.org/10.29333/ojcmt/5953
Subakti, H. (2023). Intip 5 Strategi Kopi Kenangan Yang Bikin Brand Ini Jadi Unicorn. Https://Bithourproduction.Com/Blog/Intip-5-Strategi-Kopi-Kenangan/.
Suciati, F. S., Danial, R. D. M., & Ramdan, A. M. (2020). Kapabilitas Pemasaran dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada Coffee Shop. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume, 8(1), 37–45.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yanti, W., Komariah, K., & Jhoansyah, D. (2023). Analisis Brand Love Terhadap Customers Loyalty Produk Wardah Dengan Customers Engagement Sebagai Variabel Mediasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7107–7113. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Copyright (c) 2024 Monica Sales, Yofina Mulyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format and adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.