Pengaruh Brand Image Terhadap Customer Engagement Dengan Brand Love Sebagai Variabel Mediasi Pada Kopi Kenangan Di Kota Padang

  • Anisa Ermanda Putri Universitas Dharma Andalas, Padang
  • Yofina Mulyati Universitas Dharma Andalas, Padang
Keywords: Brand Image, Brand Love, Customer Engagement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap customer engagement dengan brand love sebagai variabel mediasi pada Kopi Kenangan di Kota Padang. Jenis Penelitian adalah metode Penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengkonsumsi produk makanan/minuman yang dijual oleh Kopi Kenangan di Kota Padang yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel 120. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisa data yang dipergunakan adalah SEM-Partial Least Square (PLS).

                Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diperoleh hasil yang dirangkum sebagai berikut brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love Kopi Kenangan di kota Padang. Brand image positif tidak berpengaruh signifikan terhadap customer engagement dengan Kopi Kenangan di kota Padang. Kemudian brand love berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement dengan Kopi Kenangan di kota Padang. Selanjutnya brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement dengan brand love sebagai variabel mediasi pada Kopi Kenangan di kota Padang. Berdasarkan prosedur analisis mediasi dalam SEM-PLS Dengan Metode signifikansi path coefficient menunjukkan bahwa hubungan tidak langsung signifikan, tetapi hubungan langsungnya tidak signifikan sehingga dapat diambil kesimpulan hasil keputusannya Inderect-only mediation (mediasi hubungan tidak langsung saja) berbentuk full mediation.

References

Accone. (2022). Bagaimana Cara Franchise Kopi Kenangan? Ini Penjelasannya. Https://Www.Acc.Co.Id/Accone/InfoTerkini_Detail?Id=4945&title=Bagaimana-Cara-Franchise-Kopi-Kenangan-Ini-Penjelasannya.
Alfira. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Dan Brand Image Pada Instagram Shopee Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(1), 9–17.
Algharabat, R. S. (2017). Linking social media marketing activities with brand love: The mediating role of self-expressive brands. Kybernetes, 46(10), 1801–1819. https://doi.org/10.1108/K-04-2017-0130
Amir, A., Mandey, S. L., & Tawas, H. N. (2020). Pengaruh Perceived Value, Brand Image Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Engagement Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelangan Indihome PT. Telkom Manado). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3), 612–627. https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31526
Cheung, M. L., Pires, G., & Rosenberger, P. J. (2020). The influence of perceived social media marketing elements on consumer–brand engagement and brand knowledge. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(3), 695–720. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2019-0262
Cuong, D. T. (2020). The Impact of Customer Satisfaction, Brand Image on Brand Love and Brand Loyalty. Business Innovation & Technology Management, 12(6), 3151–3159. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201280
Erianti, V. D., Setyawati, S. M., & Suparno, C. (2023). Peran Seld Congruity dan Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Brand Personality terhadap Brand Love. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 25(2), 1–12.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Giantari, I. G. A. K., Utama, I. P. H. B., & Wardani, N. L. D. A. (2020). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Word of Mouth. Juima: Jurnal Ilmu Managemen, 10(1), 54–61. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/juima/article/view/1072
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective (7th editio). Pearson Prentice Hall.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (Second). Sage Publications.
Halimah, Q. N., & Suharyati. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 63–69.
Islam, J. U., & Rahman, Z. (2016). Examining the effects of brand love and brand image on customer engagement: An empirical study of fashion apparel brands. Journal of Global Fashion Marketing, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.1080/20932685.2015.1110041
Mahmudan, A. (2022). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021? Https://Dataindonesia.Id/Agribisnis-Kehutanan/Detail/Berapa-Konsumsi-Kopi-Indonesia-Pada-20202021.
Nurfitriana, R., Surachman, S., & Hussein, A. S. (2020). The Influence of Brand Image and Brand Love on Customer Loyalty Mediated by Customer Engagement: Study on Consumers of Wardah Cosmetics. Management and Economic Journal (MEC-J), 4(2), 105–116. https://doi.org/10.18860/mec-j.v4i2.6251
Oswaldo, I. G. (2022). Profil dan Sejarah Kopi Kenangan yang Pecahkan Rekor MURI. Https://Finance.Detik.Com/Berita-Ekonomi-Bisnis/d-6487881/Profil-Dan-Sejarah-Kopi-Kenangan-Yang-Pecahkan-Rekor-Muri.
Rezkisari, I., & Susilawati, D. (2019). Rahasia Panjangnya Antrean Kopi Kenangan. Https://Ameera.Republika.Co.Id/Berita/Pyqc2e328/Rahasia-Panjangnya-Antrean-Kopi-Kenangan.
Riyasa, I. A. P. W., Dewi, N. I. K., & Lina, N. P. M. (2023). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty Pada UMKM Kuliner di Denpasar. Juima: Jurnal Ilmu Managemen, 13(1), 14–25.
Rizaty, M. A. (2023). Ini 8 Restoran dengan Gerai Terbanyak di Indonesia pada 2022. Https://Dataindonesia.Id/Industri-Perdagangan/Detail/Ini-8-Restoran-Dengan-Gerai-Terbanyak-Di-Indonesia-Pada-2022.
Selvi, S., & Ningrum, L. (2020). Gaya Hidup Minum Kopi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi (Studi Kasus Pada Kopi Kenangan Gandaria City - Jakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(01), 23–30. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v14i01.15
Selvia, N. (2022). Segera Serbu!! Kopi Kenangan Bertabur Promo di Padang. Https://Padek.Jawapos.Com/Bisnis/07/10/2022/Segera-Serbu-Kopi-Kenangan-Bertabur-Promo-Di-Padang/.
Subakti, H. (2023). Intip 5 Strategi Kopi Kenangan Yang Bikin Brand Ini Jadi Unicorn. Https://Bithourproduction.Com/Blog/Intip-5-Strategi-Kopi-Kenangan/.
Suciati, F. S., Danial, R. D. M., & Ramdan, A. M. (2020). Kapabilitas Pemasaran dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada Coffee Shop. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume, 8(1), 37–45.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yanti, W., Komariah, K., & Jhoansyah, D. (2023). Analisis Brand Love Terhadap Customers Loyalty Produk Wardah Dengan Customers Engagement Sebagai Variabel Mediasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7107–7113. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Youngontop.com. (2022). Kopi Kenangan Buka Gerai Pertama di Malaysia, Intip Perjalanannya Yuk! Https://Www.Youngontop.Com/Kopi-Kenangan-Buka-Gerai-Pertama-Di-Malaysia-Intip-Perjalanannya-Yuk/.
Published
2024-04-20
How to Cite
Putri, A. E., & Mulyati, Y. (2024). Pengaruh Brand Image Terhadap Customer Engagement Dengan Brand Love Sebagai Variabel Mediasi Pada Kopi Kenangan Di Kota Padang. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.47233/jppisb.v3i1.1364