Keputusan Pembelian Smartphone Ditinjau dari Kebutuhan dan Gaya Hidup Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Dharma Andalas

Main Article Content

Mohammad Abdilla
Imran Agus

Abstract

ABSTRACT


This study aims to determine of smartphone purchasing decisions in terms of the human needs and lifestyles of students the Faculty of Economics and Business, Dharma Andalas University. Population in this study was 405  and the sample used in this study were 201 respondents by technique proportional sampling allocation using the Slovin formula. Data collection techniques using documentation studies and surveys in the form of a questionnaire obtained through field research. Variables dependent in the research is purchase decisions (Y) and independent variables are need (X1) and lifestyle (X2). Data analysis uses multiple linear regression analysis by previously conducting pilot tests and classic assumption tests. Research hypothesis was tested partially and simultaneously at a significance level of 5%. All variables fulfill the instrument test and classical assumption test. The results of the linear regression equation are Y = Y = 3,610 + 0.141Keb + 0. 472GH. he hypothesis partially and simultaneously show that the needs and lifestyle have a significant positive effect on smartphone purchasing decisions FEB student at Andalas University at the significance level of 5%. Correlation of needs and lifestyle with smartphone purchasing decisions are 0.768 and lifestyle needs and able to explain smartphone purchasing decisions of FEB students at Dharma Andalas University by 58.6% while the remaining 41.4% is explained by other variables not included in the research model.


ABSTRAK


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan pembelian smartphone ditinjau dari kebutuhan dan gaya hidup mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Populasi penelitian sebanyak 405 orang dan sampel 201 orang dengan teknik pengambilan sampel  secara alokasi proporsional sampling menggunakan rumus Slovin.  Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan survei  berupa kuesioner diperoleh melalui  field research.Variabel terikat penelitian keputusan pembelian (Y) dan variabel bebas kebutuhan (X1) serta gaya hidup (X2). Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji instrumen uji instrumen dan uji asumsi klasik . Setelah memenuhi  dilanjutkan analisis regresi linier berganda. Hipotesis penelitian diuji secara parsial dan simultan pada tingkat signifikansi 5%. Semua variabel penelitian memenuhi hasil uji instrumen dan hasil uji asumsi klasik sehingga  hasil persamaan regresi linier beganda Y = Y = 3.610 + 0.141Keb + 0. 472GH   Hasil pengujian hipotesis secara parsial dan simultan menunjukkan bahwa kebutuhan dan gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone mahasiswa FEB Universitas Dharma Andalas pada tingkat signifikansi 5%. Korelasi kebutuhan dan gaya hidup dengan keputusan pembelian smartphone sedang 0.768 serta kebutuhan dan gaya hidup mampu menjelaskan keputusan pembelian smartphone mahasiswa FEB Universitas Dharma Andalas sebesar58,6% sedangkan sisanya 41,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk ke dalam model penelitian.

Article Details

Section
Articles

References

Aaker, David. 2010. Manajemen Ekuitas Merek Edisi Revisi.Jakarta : Mitra Utama.
Abdurrahman, Nana Herdiana.2013. Manajemen Strategi Pemasaran.Bandung : CV Pustaka.
Ali Hasan. 2008. Marketing.Yogyakarta : Media Utama.
Alma, Bukhari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung : Alfabeta.
Amilia, Suri. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 6(1) : 660 – 669.
Apriyandani, Hendri. 2017. Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap
Keputusan Pembelian Smartphone iPhone Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Jurnal Administrasi Bisnis. 50(2) : 180 – 189.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian.Jakarta : Rineka Cipta.
Assauri, Sofyan. 2013. Manajemen Pemasaran.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Ayuni. 2019. Perubahan Gaya Hidup Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Kota Situbondo Menggunakan Kosmetik Branded. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 13(1) : 58-65.
Eka Rahayu Ningsih. 2010. Perilaku Konsumen : Pengembangan Konsep dan Praktek Pemasaran.Kudus : Nora Media Enterprise.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang : Universitas Diponegoro.
Hendri, Ma’ruf. 2006. Pemasaran Ritel.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Istanti, Fredianaika. 2018. Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di
Indomaret Kecamatan Genteng Surabaya.Jurnal Bisnis dan Teknologi. 5(1) : 11 – 16.
Kotler dan Amstrong. 2008. Principles of Marketing. Edition 12.New Yersey : Pearson Education.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
Mangkunegoro. 1998. Perilaku Konsumen Edisi Pertama.Bandung : PT Eresco.
Nugroho, J. Setiadi. 2010. Perilaku Konsumen.Jakarta : Kencana
Paendong, Melissa. 2016. Pengaruh Kebutuhan dan Gaya Hidup Terhadap Pembelian Ponsel Smartfren Di Galeri Smartfren Cabang Menado. Jurnal Efisiensi.16(4) : 387 – 395.
Plummer R. 1983. Life Span Development Psycology : Personality and Socialization. New York : Academic Press.
Ristiyanti, Prasetyo. 2005. Perilaku Konsumen.Yogyakarta : Andi.
Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi Dalam Strategi Pemasaran. Jakarta : PT Prenada Media.
Siagian, Sondang. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya.Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.Bandung : PT Alfabeta.
Suharsono, Riyanto Setiawan. 2019. Pengaruh Promosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo. Jurnal Aplikasi Manajemen dan InovasiBisnis. 1(2) : 41 – 54.
Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Edisi Kedua.Bandung : Ghalia Indonesia.
Tjiptono. 2012. Strategi Bisnis Pemasaran.Yogyakarta : Andi.
Wijaya, D. Nata. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Di Kota Malang.Jurnal Administrasi Bisnis. 55(2) : 75 – 83.