Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Switching Dalam Pembelian Produk Smartphone (Studi pada Pelanggan Duta Ponsel Bengkulu)

Main Article Content

Rinto Noviantoro
Ahmad Soleh
Tri Ayu Mardhatillah

Abstract

ABSTRACT


The purpose of this study was to analyze the factors that affect brand switching in the purchase of smartphone products of the customers of Duta Ponsel Bengkulu .The sample in this study were 100 customers who did a smartphone purchase at Duta Ponsel Bengkulu. The sampling technique of the research is accidental sampling technique. While the data collection was done using questionnaires and analytical methods which employed multiple linear regression, test of determination and hypothesis testing. From the results of the calculation of multiple linear regression equations, it can be seen that X1 (consumer dissatisfaction), X2 (looking for variations) X3 (price) and X4 (competitor advertisements) have an influence on brand switching (Y), with the results of regression tests: Y = 0.368 + 0.238 X1 + 0,326 X2 + 0,405X3 + 0,389X4. The coefficient of determination test results by 0.543. This means that X1 (consumer dissatisfaction), X2 (looking for variations), X3 (price) and X4 (competitor advertisements) have contributed to brand switching (Y) of 54.3% while the remaining 45.7% is influenced by other variables which were not examined in this study. Based on the results of testing the hypothesis with the F test, the hypothesis is made to prove the influence of X1 (consumer dissatisfaction), X2 (looking for variations), X3 (price) and X4 (competitor advertisements), together against Brand switching (Y) because of the significance value at 0,000 <0.05. Based on the results of testing with the t test, the hypothesis is made to prove there is influence. The test results for variable X1 (consumer dissatisfaction) showed a significance value of 0.004 <0.05. Variable X2 (Looking for variation) shows a significance value of 0.001 <0.05. Variable X3 (Price) shows a significance value of 0.002 <0.05 and Variable X4 (Competitor Ads) shows a significance value of 0,000 <0.05. Because the significance value is less than 0.05, so H0 is rejected and Ha is accepted. This means that X1 (Consumer Dissatisfaction), X2 (looking for variations) and X3 (Price) have  significant effects on Brand switching (Y).


ABSTRAK


Bagi produsen hal ini menjadi beban karena tingkat persaingan pelaku bisnis ponsel pintar semakin tinggi. Kondisi ini menyebabkan perusahaan harus berlomba-lomba menciptakan inovasi untuk menarik konsumen dan menerapkan strategi untuk mempertahankan pelanggan. Tujuan  penelitian  ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi brand switching dalam pembelian produk smartphone pada pelanggan Duta Ponsel Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan yang melakukan pembelian smartphone pada Duta Ponsel Kota Bengkulu.Teknik pengambilan sampel adalah teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis determinasi. Dari hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda dapat diketahui bahwa X1 (ketidakpuasan konsumen), X2 (mencari variasi) X3 (harga) dan X4 (iklan pesaing) mempunyai pengaruh terhadap brand switching   (Y), dengan hasil uji regresi : Y = 0,368  + 0,238X1 + 0,326 X2 + 0,405X3+ 0,389X4. Hasil uji koefesien determinasi sebesar 0,543.  Hal ini berarti bahwa X1 (ketidakpuasan konsumen), X2 (mencari variasi), X3 (harga) dan X4 (iklan pesaing) memiliki kontribusi terhadap brand switching   (Y) sebesar  54,3 %  sedangkan sisanya 45,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji F, hipotesis yang dibuat membuktikan ada pengaruh X1 (ketidakpuasan konsumen), X2 (mencari variasi), X3 (harga) dan X4 (iklan pesaing), secara bersama-sama  terhadap Brand switching   (Y) karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.Berdasarkan hasil pengujian dengan uji t, hipotesis yang dibuat membuktikan ada pengaruh. Hasil pengujian untuk variabel X1 (ketidakpuasan konsumen)menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Variabel X2 (Mencari variasi)menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Variabel X3 (Harga )menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan Variabel X4 (Iklan Pesaing)menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya  X1 (Ketidakpuasan konsumen), X2 (mencari variasi ) dan X3 (Harga ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand switching   (Y).

Article Details

Section
Articles

References

Aulia Uswatun Khasanah dan Rini Kuswati. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Merek Pada Produk Smartphone, Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiah Surakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis
Volume 17, Nomor 2, Desember 2013, hlm. 123-131
Dharmmesta dan Junaidi, 2015. Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti,Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No. 3, pp. 73-88
Gitosudarmo. Indriyo. 2014. Manajemen Pemasaran. edisi pertama. cetakan keempat. Yogyakarta: BPFE
Heri Santoso. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Switching Pada Produk Rokok Dengan Studi Kasus Pada Warga Kecamatan Jebres Surakarta. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta
Hoyer Wayne D. and Nancy M. Ridgway, 2013. “Variety seeking as an Explanation for Exploratory Purchase Behavior: A Theoretical Model,” Advances in Consumer Research, Vol.11, Thomas C. Kinnear, ed.Provo, UT; Association for consumer research, 114-19.
Khan, et al. 2014. Customer Switching Behaviour In Service Industries: An Explanatory Study. Jounal Of Markeing. Vol.59. April.72- 82.
Kotler, Philip. 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta : Bumi Aksara
Kotler. Philip dan Keller K Lane. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Ghalia .Indonesia
Loprang, Jilly Vanessi. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Perpindahan Merek Mie Instan(Studi pada Mahasiswa di Kota Manado). Manado: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 3,No.4, 2015: 75-89
Mowen, John dan Michael Minor. 2017. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga
Najib, Mukhamad. 2014. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing. Gramedia. Jakarta.
Noviantoro, Rinto 2019.Hubungan Komunikasi Dan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Pegawai Pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu.Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas.Volume 21 No. 1,Januari 2019.
Nugraini, 2014. Pengaruh Atribut Produk, Iklan, dan Variety Seeking
terhadap Keputusan Beralih Merek pada Produk Mie Instan (Studi Kasus
Pada Mahasiswa UNDIP Indekos di Kelurahan Pleburan). Jurnal Ekonomi UNDIP: Semarang
Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Schiffman, l.G. dan Kanuk, Leslie L. 2015. Consumer Behavior. 8th edition. New Jersey: Prentice Hall.
Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat
Simamora, Bilson, 2013, Panduan Riset Dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Stanton. William J.. 2014. Prinsip Pemasaran. Cetakan Ketujuh. Jakarta : Penerbit Erlangga
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-18 . Bandung: Alfabeta.
Sunarto. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta : AMUS
Suwarman, Ujang, 2014, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Penerbit: PT Ghalia Indonesia, Bogor.
Tjiptono. Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan ke enam. Penerbit Yogyakarta: ANDI