Proses Pengambilan Keputusan Taktis: Studi Kasus Harian Umum X

Main Article Content

Ulfi Maryati
Kurniawati Putri
Rasyidah Mustika

Abstract

ABSTRACT


The development of technology has a great impact to the printed newspaper’s companies. The readers of printed newspaper have been declining in the last few yearsand caused reducing the income of companies. Managements faced the decision to keep the printed newspaper or shift to onlinemedia. This is a qualitative research with a case study. Data was generated through interviews, observations and document reviews. The case study was conducted in one of the printed newspaper’s company in West Sumatera, i.e. Harian Umum X. This study attempt to provide the tactical decision process wheither Harian Umum X still keep both the printed newspaper and online media. Based on internal and external non-financial factors, there are some factors from readers and online media consuments as a consider for a company to make a decision.


ABSTRAK


Perkembangan teknologi memiliki dampak besar pada perusahaan koran cetak. Jumlah pembaca koran cetak menurun selama bertahun-tahun yang mengakibatkan berkurangnya pendapatan dari perusahaan koran cetak. Manajemen dihadapkan pada keputusan tetap mempertahankan koran cetak atau beralih ke media online. Penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dobukumentasi dan observasi. Studi kasus dilakukan pada salah satu perusahaan koran cetak di Sumatera Barat yaitu Harian Umum X. Penelitian ini menyajikan proses pengambilan keputusan taktis apakah sebaiknya Harian Umum  X tetap mempertahankan koran cetak dan meneruskan media online. Dari analisis faktor non-keuangan pihak internal dan eksternal perusahaan, ada beberapa informasi hasil wawancara pembaca koran & pelanggan media online  yang juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam pengambilan keputusan

Article Details

Section
Articles

References

Fanggidae dkk. 2015. Analisis Kesiapan Manajemen Terhadap Implementasi Perubahan Organisasi Pengelolaan SDM Single Grade di PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 8.No. 1.
Hansen, Don R dan Maryanne M. Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial. Buku kedua. Edisi kedepalan. Jakarta: Erlangga
Kahar, Irawaty A. 2008. Konsep Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizationnal Change) pada Perpustakaan Perguruan Tinggi.Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi Vol. 4, No. 1.
Kurnia, Dadang. 2018. Jumlah Pembaca Media Daring Terus Meningkat diakses https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/05/02/p83o1d399-jumlah-pembaca-berita-media-daring-terus-meningkat
Kompas.com. 2009. Survei Nielsen: Pembaca Media Cetak Makin Menurun diakses https://ekonomi.kompas.com/read/2009/07/16/16015757/survei.nielsen.pembaca.media.cetak.makin.turun.
Lunenburg, Fred C. 2011. The Decision Making Process. National Forum OfEducational Administration And Supervision Journal Volume 27, Number 4
Musofa, Dwi Zain. 2013. Ketika Media Cetak Mulai Tergusur Media Online diakses
https://www.merdeka.com/teknologi/tekmatis-ketika-media-cetak-mulai-tergusur-media-online.html
Robbins, Stephen. 1996. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo