Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas

Abstract
The purpose of this study is to provide empirical evidence regarding the influence of motivation, cost of education and length of education on student interest in taking accounting profession education (PPAk) at Dharma Andalas University, Padang. The population in this study were 152 students of the Department of Accounting 2015-2017 at Dharma Andalas University. Purposive sampling technique is a sampling technique used in this study. The sample in this study were 117 students of accounting class 2015-2017 at Dharma Andalas University. This type of research is quantitative research. Multiple linear regression analysis was used in this study. The results showed that motivation had no significant effect on student interest in attending PPAk which was indicated by a significant value of 0.131, while the cost of education and length of education had a positive and significant effect on student interest in attending PPAk levels which was indicated by a significant value. 0.004 and 0.021
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh motivasi, biaya pendidikan dan lama pendidikan terhadap minat mahasiswa menempuh pendidikan profesi akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah 152 mahasiswa Jurusan Akuntansi 2015-2017 Universitas Dharma Andalas. Teknik purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 117 mahasiswa akuntansi angkatan 2015-2017 Universitas Dharma Andalas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat siswa mengikuti PPAk yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,131, sedangkan biaya pendidikan dan lama pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa mengikuti PPAk yang diindikasikan dengan nilai yang signifikan. 0,004 dan 0,021
References
Audi Ghaffari, M. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 287–295. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758
Azizah, A. B. F. (2017). Pengaruh Motivasi,Lama Pendidikan, dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi AKuntansi (PPAk). Naskah Publikasi.
Berlinasari, M., & Erawati, N. M. A. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti (PPAK). ISSN: 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(3), 447–476.
Denziana, A., & Febriani, R. F. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 12–21.
Dewi, K. A. R., & Ratnadi, N. M. D. (2018). Pengaruh Motivasi , Biaya , dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang UU No . 5 Tahun 2011 Pada Minat PPAk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ),. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(5), 51–79. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v22.i01.p03 Pengaruh
Ghozali, H. I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (P. P. Harto (ed.); Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadiprasetyo, T. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Persepsi Masa Studi terhadap Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Naskah Publikasi, 85(1), 2071–2079. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
Katti, S. W. B., & Mutmainah. (2014). Analisis Pengaruh Motivasi Kualitas , Biaya Pendidikan , Dan Lama Studi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan PPAK ( Studi Kasus Pada Universitas Merdeka Madiun ). Ekomaks, 3(September), 109–122. http://unmermadiun.ac.id/ejurnal/index.php/ekomaks/article/view/126/0
Lisnasari, R. N., & Fitriany. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi. The 2nd Accounting Conference, 1st Doctoral Colloquium, and Accounting Workshop, November, 4–5.
Machfoed. (1998). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK). 111.
Nurhayani, ulfa. (2012). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Medan). Jurnal Mediasi, 4, 59–67.
Nurjanah, P. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Mendaftar PPAk Sebagai Dampak Dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) NO. 25/PMK.01/2015 (Issue 25). Naskah Publikasi.
Prayoga, A. D., Rispantyo, & Kristianto, D. (2017). Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk megikuti pendidikan profesi akuntansi pada mahasiswa program studi akuntansi universitas slamet riyadi surakarta. Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 13(4), 498–509.
Purnaningtyas, H. A., & Cahyono, Y. T. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Ekonomi, 180–188.
Puspitarini, D., & Kusumawati, F. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Investasi Juni, 7(1), 46–63.
Putra, R. P. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Program Pasca Magister Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Akuntansi Universitas Gajah Mada). Naskah Publikasi.
Rahayu, S., & Rusmawan, R. W. (2005). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Untuk Mengikuti Program Pendidikan Profesi. Universitas Jendral Soedirman Purwokerto, 1–21.
Sapitri, Z., & Yaya, R. (2015). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Akuntansi & Investasi, 16(1), 46–61.
Setyaningsih, P. (2016). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Naskah Publikasi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Suprianto, E., & Nikmahi, M. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Profesi Akuntansi Ditinjau Dari Gender Dan Status. Jurnal Akuntansi Indonesia, 2(1), 17–26.
Wangarry, R., Sondakh, J., & Budiarso, N. S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 13(3), 13(3), 108–119.