Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal

Main Article Content

Ezizwita Ezizwita
Tri Sukma

Abstract

The Covid-19 pandemic has also weakened the national and international economies. Various industrial sectors, including the culinary business, experienced disruptions such as supply of raw materials, demand for products, shortages of labor, and business obscurity. This study aims to analyze the impact of the pandemic on the culinary business in Padang city and the strategies needed to adapt to this new normal era. The research used a descriptive qualitative method, using a SWOT analysis. The results show that culinary business should implement product and service diversification strategy The culinary business must be able to gain consumer trust with products that are safe, healthy and hygienic, implement health protocols, maximize online marketing, fulfill take away and delivery orders, make product diversification or innovation in the form of healthy and frozen food, and improve product quality. output of this study is to identify the factors of strengths, weaknesses, opportunities and threats faced by the culinary business in the city of Padang and determine a suitable strategy to adapt to the new normal. In the long term, the results of this study are expected to contribute to the development of business strategies for dealing with emergency situations and full of uncertainty.


 


ABSTRAK


Selain berdampak serius terhadap kesehatan, pandemi Covid-19 juga melemahkan perekonomian nasional dan internasional. Berbagai sektor industri, termasuk bisnis kuliner, mengalami gangguan seperti pasokan bahan baku, permintaan produk, kekurangan tenaga kerja, dan ketidakjelasan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak pandemi terhadap bisnis kuliner di kota Padang dan strategi yang dibutuhkan untuk beradaptasi di era new normal ini. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan analisa SWOT untuk mengetahui berbagai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh bisnis kuliner di masa pandemi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat dilakukan oleh bisnis kuliner adalah diversifikasi produk dan jasa. Bisnis kuliner harus bisa mendapatkan kepercayaan konsumen dengan produk yang aman, sehat dan higienis, menerapkan protokol kesehatan, memaksimalkan pemasaran online, memenuhi permintaan take away dan delivery order, membuat diversifikasi atau inovasi produk berupa makanan sehat dan frozen food, dan meningkatkan kualitas produk. Target luaran penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh bisnis kuliner di kota Padang dan menentukan strategi yang cocok diterapkan untuk beradaptasi di masa new normal. Dalam jangka panjang, hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam hal pengembangan strategi bisnis untuk menghadapi situasi darurat dan penuh ketidakpastian.

Article Details

Section
Articles

References

Amani, Natasha Khairunisa. 2020. Update 21 Juli: Kasus Corona COVID-19 Dunia Tembus 14,6 Juta, 8,2 Juta Pasien Pulih. https://www.liputan6. com/global/read/4310701/update-21-juli-kasus-corona-covid-19-dunia-tembus-146-juta-82-juta-pasien-pulih. (Diakses tanggal 21 Juli 2020)
Asmanita. 2017. Analisis Potensi Usaha Industri Kecil Menengah di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol.15, No. 3, ISSN: 1412-4521
Bahtiar, Rais Agil dan Saragih, Juli Panglima. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Info Singkat, Vol. XII, No. 6/II/Puslit/Maret/2020
Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. 2020. Vaksin Covid-19 Belum Ditemukan, Pemerintah Siapkan Skenario New Normal. https://www.kemkes.go.id/article/view/20052900001/vaksin-covid-19-belum-ditemukan-pemerintah-siapkan-skenario-new-normal.html. (Diakses tanggal 23 Juli 2020)
Bismala, Lila dan Handayani, Susi. 2014. Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT. Prosiding Seminar Nasional PB3I ITM 2014
Burhan, Fahmi Ahmad. 2020. Bisnis Anjlok akibat Pandemi Corona, UMKM Bisa Ubah Strategi Usaha. https://katadata.co.id/berita/2020/04/15/bisnis-anjlok-akibat-pandemi-corona-umkm-bisa-ubah-strategi-usaha). (Diakses tanggal 11 Juli 2020)
Covid19.kemkes.go.id. 2020. Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 21 Juli 2020. https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-21-juli-2020/#.Xxa569IzbIU. (Diakses tanggal 21 Juli 2020)
Herfita, Devi , Tri Widyastuti, Irvandi Gustari. 2017. Analisis Strategi Bisnis Pada PT Gancia Citra. Jurnal EKSEKUTIF, Vol. 14, No. 2, Desember 2017
Juwono, Onny. 2011. Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba (Franchise) (Studi Kasus di Restoran Cepat Saji McDonald’s) Periode Oktober - Desember 2011. http://fe.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2011/05/JURNAL-ANALISIS-MANAJEMEN-STRATEGIK-McDONALDS_Onny_Yuwono.pdf. (Diakses tanggal 25 Juli 2020)
Kanalinfo.web.id. 2020. Pengertian Kuliner https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-kuliner#:~:text=Kuliner%20juga%20dapat%20dimaknai%20sebagai,%2Dpauk%2C%20panganan%20maupun%20minuman.&text=Kata%20kuliner%20merupakan%20unsur%20serapan,kuliner%20disebut%20koki%20atau%20chef. (Diakses tanggal 17 Juli 2020)
Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pertanyaan dan Jawaban Terkait COVID-19. https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html. (Diakses tanggal 22 Juli 2020)
Liputan6.com. (2020). Skenario Terburuk Dampak Corona, Ekonomi Indonesia Tumbuh Negatif 0,4 Persen. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4216385/skenario-terburuk-dampak-corona-ekonomi-indonesia-tumbuh-negatif-04-persen. (Diakses tanggal 24 Juli 2020)
Makanabis.com. 2020. NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner. https://www.makanabis.com/post/article/new-normal-dan-dampaknya-pada-bisnis-kuliner. (Diakses tanggal 6 Juli 2020)
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Richard L. Daft. 2010. Era Baru Manajemen. Edward Tanujaya. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat
Sancoko, Aldo Hardi. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Makanan dan Minuman pada Depot Time to Eat Surabaya. AGORA, Vol. 3, No. 1, (2015).
Santia, Tira. 2020. Industri Makanan dan Minuman Paling Terdampak Virus Corona. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4211947/industri-makanan-dan-minuman-paling-terdampak-virus-corona. (Diakses tanggal 6 Juli 2020)
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama
Sihaloho, Estro Dariatno. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. https://www.researchgate.net/profile/Estro_Dariatno_Sihaloho. (Diakses tanggal 7 Juli 2020)
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Tagar.id. 2020. Arti Pandemi, Epidemi, dan Wabah Soal Corona. https://www.tagar.id/arti-pandemi-epidemi-dan-wabah-soal-corona. (Diakses tanggal 23 Juli 2020)
Taufik dan Ayuningtyas, Eka Avianti. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol. 22, No. 01, April 2020