Pengaruh Price Diskon, Halal Awareness, dan E- Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Gojek

  • Rachmad Maulana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muzakar Isa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: price discounts, halal awareness, e-service quality, purchasing decisions, keputusan pembelian

Abstract

The quality of electronic services or e-service has a significant impact in increasing consumer satisfaction. This quality is given to consumers to fulfill their expectations by providing products and services at appropriate prices, creating added value for consumers, and generating profits for the company. Therefore, Through the use of the Gojek application, research on was done to investigate the effects of price breaks, halal knowledge, purchasing decisions. With the assistance of the SmartPLS analysis tool, the study. According to research, price reductions have a negligible and unfavorable impact on consumers' decisions to buy. Purchasing decisions are positively and significantly impacted by halal awareness. E-service significantly and favorably influences consumers' decision to buy.

 

Abstrak

Kualitas layanan elektronik atau E-service memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Kualitas ini untuk memenuhi ekspektasi pelanggan melalui penetapan harga yang adil, penambahan nilai, dan profitabilitas, dengan fokus pada pengaruh penurunan harga, kesadaran halal terhadap keputusan pembelian orderan aplikasi Gojek. Penggunaan alat analisis SmartPLS, studi ini melibatkan 100 responden. Temuan menunjukkan bahwa meskipun penurunan harga berdampak negatif secara minimal terlihat perbedaan hasil konsumen yang memiliki kesadaran halal jauh dari hal negatif. Selain itu, kualitas layanan elektronik juga terbukti mempengaruhi keputusan pembelian konsumen secara signifikan dan positif

Author Biography

Muzakar Isa, Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (Pls) Alternatif Structural Equation Modeling (Sem) Dalam Penelitian Bisnis (D. Prabantini (Ed.)). C.V ANDI OFFSET (Penerbit Andi).

Azam, M. C., Sukandani, H. Y., & Surabaya, A. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Price Discount Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Oppo Di Terminal Phone Plaza Marina Surabaya.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0 Untuk Penelitian Empiris (2nd Ed.). Badan Penerbit - UNDIP.

Isa, Muzakar., Mardalis, Ahmad., Dan Mangifera, Liana. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan Dan Minuman Di Warung Hik. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol.20, No.1

Isa, M Dan Istikomah, R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan Di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 2020, 21 (2): 98-110

Isa, M., Mardalis, A., Dan Mangifera, L. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan Dan Minuman Di Warung Hik. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol.20, No.1.

Juliana, J., Wafa Rizaldi, M., Azizah Al-Adawiyah, R., Marlina, R., & Akuntansi STIE Khez Muttaqien, P. (N.D.). Halal Awareness : Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi.

Jannah, S. M., & Al-Banna, H. (2021). Halal Awareness And Halal Traceability: Muslim Consumers’ And Entrepreneurs’ Perspectives. Journal Of Islamic Monetary Economics And Finance, 7(2), 285–316. Https://Doi.Org/10.21098/Jimf.V7i2.1328

Lubis, M. D. S., Waruuwu Tomoyud Sintosaro, & Lase Dewantoro. (2020). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Pemesanan Makanan Online Berbasis Android. Jurnal Mahajana.

Putri, D. (2023). Pengaruh Harga, Voucher Diskon, Dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Layanan Grabfood.

Rifai, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pt Utama Sejuk Abadi.

Salome, I. O. (N.D.). From Service Quality To E-Service Quality: Measurement, Dimensions And Model. In 2022 1 Journal Of Management Information And Decision Sciences (Vol. 25, Issue 1).

Setiadi, Y. W. (2021). Pengaruh Marketing Online Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian. In Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (Vol. 2, Issue 1). Www.Jurnal.Umb.Ac.Id

Utami, W. B. (2013). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli (Survei Pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah Di Outlet Wardah Griya Muslim An-Nisa Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Ilmu Komunikasi.

Yusuf, D. (2023). Pengaruh Price Discount Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Secara Online Melalui Aplikasi Grabfood Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Anak Kos Di Kota Salatiga) Skripsi.

Published
2024-07-29