Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Erigo Melalui Instagram)

Main Article Content

Tessa Surya Ningsih
Siska Lusia Putri

Abstract

ABSTRACT


The research is in the form of quantitative research using primary data obtained from the distribution of questionnaires. The study population included Instagram users who joined the @erigoapparel Instagram. Data obtained from collection throught onlilne distribution questionnaires to customers who have purchased Erigo products through Instagram and know Arief Muhammad as Erigo’s brand endroser. The population data in this study were 100 respondents. The sampling technique used in purposive sampling. Methods analysis of the data used is multiple linear regression. The result showed that partially the trustworthiness, variabel had no significant effect on purchasing decisions, expertise did not have a significant effect on purchasing decisions, attractive had a significant effect on purchasing decision, respect did not significant influence purchasing decisions and similairty had a significant effect on purchasing decisions. Product Erigo the value of Adjust R square. Product Erigo indicators by 0.539.


 ABSTRAK


Penelitan ini berbentuk kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner. Populasi penelitian ini meliputi pengguna instagram yang mengikuti akun instagram @erigoapparel dan konsumen yang pernah membeli produk Erigo. Data yang diperoleh dari pengumpulan melalui kuisioner online ke pelanggan yang telah membeli produk Erigo melalui Instagram dan mengenal Arief Muhammad sebagai endorser merek dari Erigo. Data populasi dari penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel trustworthiness, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, expertise tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, attractiveness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, respect tidak berpengaruh signikan terhadap keputusan pembelian dan similiarity berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Produk Erigo ini memiliki nilai Adjust R square sebesar 0.539.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Darmansyah, Muhartini Salim, Syamsul Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Bengkulu : Vol. 12, No. 2, Hal. 230-238. Ineka Cipta. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/644
E-marketer Team. (2016). Instagram Users in Indonesia Follow Fashion. https://www.emarketer.com/Article/Instagram-Users-Indonesia-Follow-Fashion/1 013618
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J.F., Black, W.C., Babin, BJ., and Anderson, R.E. 2010. Multivariate Data Analysis, 7 tahun edition.NJ: Pearson Prentice Hall.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Musay, F. (2013). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Survei Pada Konsumen KFC Kawi Malang. Malang: Universitas Brawijaya. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/141
Mubarak, N. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser pada Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian (survei online pada konsumen produk Erigo Jakarta melalui Instagram). Malang: Universitas Brawijaya. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/ 2645
Osman, S., Fah, Benjamin. C. Y., dan Foon, Yeoh. S. (2011). Simulation of Sales Promotions towards Buying Behavior among University Students, International Journal of marketing studies. vol. 3. no. 3. pp. 78-88
Parengkuan,dkk. (2013). Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head and Shoulder di 21 Mart Manado. Jurnal EMBA, Vol 2. No 3 September 2014, Hal 1792-1802. ISSN 2303-1174. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5972
Priyatno, D. (2011). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Rahima. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser di Media Sosial Instagram dalam Promosi Produk Hijab terhadap Minat Beli Konsumen (studi kasus pada akun Instagram @wiriamaeazzahra). Mataram : STMIK Bumigora. https://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/download/712/256
Riu, Isma. A. (2015). Use of Social Media as a Media Promotion for Small and Medium Enterprises. Information Management and Business Review. Vol. 7. No. 4. Sari, Devilia. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Sweater Online Shop Alco di Media Sosial Instagram. Bandung : Universitas Telkom. https://jurnal.stiepas.ac.id/index.php//jebe/article/view/201,
Sidharta, Cyntia (2014). Penggunaan Anggun C. Sasmi sebagai Celebrity Endorser dalam iklan Pantene versi “Bersinarlah Bersama Anggun”. E-komunikasi. Vol. 2. No.3.
Ѕhіmp, Terence A. 2003. Perіklanan dan Promoѕі : Aѕpek Tambahan Komunіkaѕі Pemaѕaran Terpadu. Alіh Bahaѕa Revyanі Ѕyahrіal dan Dyah Anіkaѕarі. Edіѕі 5. Jіlіd 1. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
_______. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tim Kompas. (2018). Pengguna Aktif Instagram Tembus 1 Miliar. https://kompas.com/read/2018/06/21/10280037/juni-2018-pengguna-aktif-instagar m-tembus-1-miliar
Tim Tempo. (2018). Pengguna Aktif Instagram Naik Pesat. https://tempo.co/read/548613/pengguna-aktif-instagram-naik-pesat/full&view=ok.
Tjipto, F. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta : Andi.
Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.